Bantu bersihkan pori-pori, begini cara melakukan facial steam yang benar agar kulit tampak cerah

4 April 2023 04:00 WIB

Brilio.net - Kamu ingin mendapatkan kulit cerah, glowing, dan bersih tanpa harus menguras dompet? Maka dari itu, sudah saatnya kamu mencoba perawatan facial steam atau penguapan wajah. Perawatan satu ini membuat kamu nyaman, lantaran tak perlu repot-repot pergi ke salon kecantikan dan mengeluarkan biaya berlebih.

Bagi kamu yang belum tahu, facial steam merupakan perawatan sederhana yang telah dilakukan selama berabad-abad dan masih menjadi treatment favorit sejumlah orang. Cara kerja facial steam sendiri, yakni memanfaatkan proses penguapan air panas pada wajah selama beberapa menit dengan menggunakan handuk atau alat khusus yang dirancang untuk facial steam.

Kegunaan utama dari facial steam ini adalah membantu menyegarkan, membuat kulit bersinar, dan lebih bersih. Selain itu, perawatan wajah yang dilakukan di rumah ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan pori-pori, mengurangi stres, dan meningkatkan efektivitas penggunaan produk perawatan wajah.

Lantas bagaimana cara melakukan treatment tersebut? Agar tidak salah langkah, kamu bisa mengikuti step by step yang dibagikan pengguna TikTok @shiuji13, dilansir briliobeauty.net pada Senin (3/4).

foto: TikTok/@shiuji13

Dalam video tersebut menunjukkan tahapan awal hingga akhir face steam yang benar. Pertama-tama yaitu siapkan air bersih kurang lebih 500 ml. Kemudian, rebus air tersebut hingga mendidih. Setelah itu, tuangkan air tersebut pada wadah tahan panas yang sudah dibersihkan.

foto: TikTok/@shiuji13

"Pilih wadah yang mengcover semua bagian wajah. Kalau ini aku pilih yang agak panjang, biar sampai ke leher," jelasnya.

Sebelum melakukan facial steam, usahakan terlebih dahulu untuk melakukan tes dan jangan langsung melakukan face steam tanpa uji coba terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kulit wajah tidak terbakar.

"Jadi dites dulu. Kalian batas toleransi panasnya seperti apa," ujarnya.

foto: TikTok/@shiuji13

Jika sudah, gunakan handuk bersih dan berukuran cukup lebar untuk menutupi seluruh bagian kepala. Lalu, diamkan kurang lebih 10 menit. Tahapan berikutnya yaitu dilanjutkan dengan menggunakan masker wajah.

foto: TikTok/@shiuji13

"Bekas air steamnya jangan dibuang karena untuk bilas masker. Jadi masih bisa dipakai," imbuhnya.

Itulah cara melakukan facial steam yang benar. Untuk mendapatkan kecantikan kulit yang kamu inginkan, facial steam ini bisa digunakan secara rutin. Di sisi lain, video ini pun dibanjiri hingga tiga ribu komentar dari pengguna TikTok.

"Abis face steam, cuci muka, pake masker, trus dibilas/cuci muka pake air dingin. Auto glowing," tulis akun @sepii.

"Wkwkw kalo aku bias buka tutup nasi di panci magicom. Beuh mantep bgt ngebulnya," komentar aku @cecep.

"Sumpah pernahh nyobaa selama 1bulan, pas muka lagi breakout parah abis lepas perawatan dokter. it's work dan skrng udh normal lagi mukanya," imbuh akun @hanaaa.

(brl/mal)