Bantu hempaskan jerawat meradang, begini cara membuat night serum hanya pakai 1 jenis herbal

14 Juli 2023 23:10 WIB

Brilio.net - Jerawat meradang merupakan masalah kulit yang sering dialami banyak orang. Penyebab utama dari jerawat meradang adalah produksi sebum pada kulit yang berlebih. Kondisi ini biasanya menyebabkan pori-pori wajah menjadi tersumbat dan menyebabkan jerawat menjadi meradang. Selain faktor tersebut, adanya bakteri p.acnes ini bisa menyebabkan reaksi peradangan saat pori-pori tersumbat.

Sementara itu, adanya perubahan hormon saat menstruasi, kehamilan, atau menopause juga dapat mempengaruhi produksi minyak pada kulit. Nah, jika jerawat meradang ini sedang kamu alami, salah satu trik yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan produk skincare, salah satunya serum khusus untuk acne.

Namun sayangnya, produk skincare khusus jerawat ini biasanya dibanderol dengan harga yang cukup menguras dompet. Solusinya, kamu bisa lho menggunakan perawatan untuk jerawat meradang dengan memanfaatkan bahan herbal, yaitu cardamom seeds atau biasa dikenal dengan kapulaga yang dijadikan sebagai serum wajah.

Bahan herbal yang satu ini mengandung antioksidan yang bisa mencegah penuaan dini. Sementara itu, adanya kandungan antiinflamasi mampu mengatasi peradangan pada kulit berjerawat, mencerahkan, dan membersihkan pori-pori kulit. Bahan utama dari serum tersebut tidak hanya itu saja, terdapat bahan tambahan lainnya yaitu carrier oil dengan kandungan antiinflamasi yang bisa mengatasi jerawat meradang dan membersihkan pori-pori wajah.

Adanya bahan tambahan, seperti rose petal atau kelopak bunga mawar ini bisa menjadi pelembap alami yang membantu mengatasi kulit kering. Lalu, adanya bahan tambahan yaitu bubuk jeruk dengan kandungan vitamin C dan antibakteri dipercaya dapat mencerahkan, membersihkan, dan mencegah infeksi.

Tertarik menggunakan serum dari bahan-bahan alami tersebut? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Maryam Adeel, dilansir briliobeauty.net pada Jumat (14/7).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/Maryam Adeel

1. 2 sendok makan carrier oil
2. 6 sendok makan cardamom seeds
3. 1 sendok makan bubuk jeruk
4. 1 sendok makan rose petal
5. 1 sendok makan tepung beras
6. Minyak jojoba oil

Cara membuat:

1. Masukkan carrier oil terlebih dahulu ke dalam mangkuk
2. Tambahkan dengan cardamom seeds
3. Masukkan bubuk orange dan rose petal
4. Campurkan dengan tepung beras
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
6. Lalu, tuangkan pada wadah bersih, sekaligus disaring
7. Tuangkan beberapa tetes minyak jojoba oil dan aduk kembali
8. Masukkan serum tersebut pada botol skincare.

Cara menggunakannya:

foto: YouTube/Maryam Adeel

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu
2. Oleskan serum tersebut pada seluruh wajah
3. Diamkan selama satu malam penuh, tanpa dibilas
4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan serum ini secara rutin.

(brl/mal)