Bantu kulit bebas kerutan di usia 50-an, ini cara membuat collagen booster pakai 1 bahan dapur

1 Februari 2024 22:12 WIB

Brilio.net - Saat kamu menginjak usia 50 tahun, kulit sudah mulai mengalami proses penuaan. Dalam kondisi ini kulit wajah mulai dipenuhi oleh tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan.

Adanya tanda penuaan tersebut mungkin membuat kamu risih dan ingin menghilangkannya. Untuk mencapai keinginan tersebut, tentunya kulit membutuhkan perawatan secara rutin, salah satunya adalah menggunakan collagen booster.

Kolagen ini merupakan protein struktural yang paling banyak ditemukan di dalam tubuh manusia, khususnya pada kulit, rambut, kuku, tulang, dan sendi. Secara keseluruhan, kolagen ini memberikan kekuatan struktural pada kulit. Ini berguna menjaga kekencangan, elastisitas, dan kelembutan di kulit.

Namun fungsi dari kolagen ini tidak berjalan selamanya. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, produksi kolagen ini semakin menurun, sehingga menyebabkan kerutan, kekeringan, dan kehilangan elastisitasnya.

Untuk mencegah penurunan kadar kolagen, kamu membutuhkan collagen booster agar produksinya kembali meningkat. Collagen booster ini bisa kamu buat sendiri menggunakan bahan-bahan alami, seperti lemon, beras, bubuk kopi, dan madu yang dijadikan ice cube.

Lemon kaya akan vitamin C, yang merupakan nutrisi penting untuk sintesis kolagen. Vitamin C membantu merangsang produksi kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bahan berikutnya yaitu ada beras. Bahan dapur satu ini memiliki partikel halus pada yang dapat berfungsi sebagai agen eksfoliasi alami. Ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, dan merangsang regenerasi kulit baru. Itulah yang membuat kulit menjadi lebih cerah dan halus.

Sedangkan bubuk kopi mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas dan membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan. Dilansir dari forwellness.com, Kamis (1/2) kopi ini bisa meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh, yang bisa menghapus garis halus, dan kerutan.

Adanya tambahan madu ini mampu melembapkan kulit secara alami. Ini membantu menghidrasi, menghaluskan, dan melembutkan kulit wajah. Dilansir dari sciencedirect, madu ini juga bisa meningkatkan kadar kolagen. Sedangkan adanya kandungan asam amino dalam madu mampu menyembuhkan luka.

Itulah manfaat dari sejumlah bahan-bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat ice cube dan penggunaannya pada wajah? Berikut ini tutorial yang bisa kamu ikuti sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube Beauty Blush, Kamis (2/1).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/Beauty Blush

1. 1 buah lemon
2. 3 sendok makan beras
3. 2 gelas air putih
4. 1 sendok makan bubuk kopi
5. 1 sendok makan madu

Cara membuat:

foto: YouTube/Beauty Blush

1. Perasn buah lemon terlebih dahulu
2. Potong kulit buah lemon dengan ukuran kecil
3. Tuangkan air putih ke dalam teflon dan masukkan beras yang sudah dicuci
4. Masukkan kulit jeruk ke dalam teflon, rebus hingga mendidih
5. Angkat dan dinginkan
6. Tuangkan pada blender dan tuangkan perasan lemon
7. Blender hingga halus
8. Tuangkan ke mangkuk, sembari disaring
9. Campurkan kopi dan madu
10. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata
11. Siapkan wadah ice cube dan tuangkan semua bahan
12. Simpan di freezer hingga membeku
13. Ice cube siap untuk diaplikasikan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/Beauty Blush

1. Aplikasikan pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan
2. Gosok-gosokkan ice cube
3. Diamkan selama satu malam
4. Di pagi hari, lanjutkan dengan membersihkan wajah dengan facial wash favorit kamu
5. Ulangi penggunaan ice cube ini secara rutin, agar wajah halus bebas keutan.

(brl/lea)