Bantu redakan iritasi, ini 9 manfaat mugwort untuk kesehatan kulit wajah

17 April 2023 18:22 WIB

Brilio.net - Saat ini ada banyak sekali kandungan skincare yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, salah satunya adalah mugwort. Bagi sebagian orang khususnya beauty enthusiast mungkin sudah tidak asing lagi dengan bahan skincare satu ini.

Mugwort sendiri merupakan tanaman herbal yang digunakan secara turun temurun dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Mugwort memiliki sifat antibakteri, antioksidan, antijamur maupun antiinflamasi.

Selain itu, mugwort juga mengandung vitamin C dan E yang tentunya sangat baik untuk perawatan kesehatan kulit. Dengan banyaknya manfaat dari mugwort, membuat banyak produk perawatan kulit menjadikan mugwort sebagai salah satu bahan utama di dalamnya.

Nah, penasaran kan apa saja manfaat mugwort bagi kesehatan kulit wajah? Tak perlu khawatir karena briliobeauty.net telah merangkum dalam sembilan manfaat mugwort untuk kesehatan kulit wajah seperti dikumpulkan dari berbagai sumber, Senin (17/4).

1. Meredakan iritasi.

foto: freepik.com

Kulit iritasi merupakan salah satu permasalahan kulit yang seringkali kita temukan pada jenis kulit sensitif. Kulit iritasi ini biasanya ditandai dengan wajah yang memerah disertai rasa gatal.

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan mudah mengalami iritasi, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung mugwort. Hal ini karena sifat antiinflamasi yang ada pada mugwort dapat membantu meredakan iritasi sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat kembali.

2. Membantu mengatasi jerawat.

foto: freepik.com

Jerawat tentunya bukanlah permasalahan yang asing lagi di telinga kita. Permasalahan ini bisa terjadi pada setiap orang dan disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Nah, salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengatasi jerawat adalah mugwort. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin e yang ada pada mugwort dapat menutrisi wajah dan membantu untuk menetralisirkan radikal bebas pada kulit.

Vitamin E yang ada pada mugwort juga dapat memperlambat penumpukan sebum pada kulit wajah, yang mana penumpukan sebum dalam pori-pori merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah.

3. Memperlambat penuaan dini.

foto: freepik.com

Siapa sangka ternyata mugwort juga bisa membantu untuk memperlambat penuaan dini pada kulit wajah loh. Antioksidan yang ada pada mugwort seperti vitamin E dan vitamin C ternyata mampu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari.

4. Mencerahkan kulit.

foto: freepik.com

Memiliki kulit yang cerah tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Saat ini sudah banyak produk skincare dengan kandungan yang dapat membantu mencerahkan kulit, salah satunya adalah produk skincare dengan kandungan mugwort.

Hal ini karena mugwort mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Nutrisi ini juga efektif untuk memutihkan dan mencerahkan kulit wajah, karena vitamin C bekerja dengan menurunkan produksi melanin pada kulit.

5. Melembapkan kulit.

foto: freepik.com

Kandungan yang ada pada mugwort ternyata juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin memiliki kulit lembap. Hal ini karena mugwort mengandung vitamin E yang dapat menutrisi kulit dari dalam. Vitamin E ini juga dapat menjaga kulit tetap lembap dan mencegah kerusakan kulit dari dehidrasi akibat kulit kering.

6. Menutrisi kulit wajah.

foto: freepik.com

Kegunaan mugwort selanjutnya tentunya dapat menutrisi kulit wajah. Kandungan vitamin E yang ada pada mugwort merupakan antioksidan yang dapat menutrisi dan melindungi kulit wajah. Selain dapat menutrisi kulit wajah, kandungan ini juga tentunya dapat mencerahkan dan memberikan kilau cantik pada kulit.

7. Meredakan gatal akibat eksim.

foto: freepik.com

Eksim merupakan permasalahan kulit yang bisa terjadi karena lapisan pelindung kulit yang rusak akibat penurunan produksi filaggrin dan loricrin, yang mana keduanya merupakan protein yang berperan dalam pembentukan struktur kulit.

Senyawa antioksidan yang ada pada mugwort ternyata dapat merangsang gen pembentuk loricrin dan filaggrin sehingga membuat kulit menjadi lebih kuat dan meredakan gatal akibat eksim tersebut.

8. Melindungi kulit.

foto: freepik.com

Selain dapat meredakan iritasi dan melembapkan wajah, mugwort juga memiliki kegunaan yang dapat melindungi kulit. Hal ini dikarenakan antioksidan yang ada dalam mugwort bekerja untuk memperbaiki skin barrier atau lapisan pelindung kulit alami sehingga dapat melindungi kulit dari kerusakan sel-sel yang diakibatkan oleh sinar UV dan polusi.

9. Mengurangi kerutan dan garis halus.

foto: freepik.com

Kerutan dan garis halusmenjadi p ermasalahan kulit yang akan sangat mengganggu penampilan. Namun tak perlu khawatir karena ternyata kamu bisa menggunakan mugwort untuk mengurangi kerutan dan garis halus loh. Pasalnya, antioksidan yang ada pada mugwort berfungsi sebagai pelindung bagi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya.

Mugwort juga dapat merangsang kulit untuk memproduksi banyak kolagen sehingga dapat mengurangi munculnya kerutan atau garis-garis halus pada kulit.

mgg/Luthfiah Ulfiani

(brl/lea)