Battle review lip balm kandungan SPF Sebamed dan Buttered, mana yang cocok dipakai outdoor?

12 Agustus 2024 12:44 WIB

Brilio.net - Lip balm adalah produk perawatan bibir yang dirancang untuk melembapkan, melindungi, dan memperbaiki kondisi kulit bibir. Biasanya berbentuk stik, tube, atau pot kecil.

Tak hanya itu saja, lip balm juga mengandung bahan-bahan emolien seperti shea butter, minyak kelapa, atau beeswax yang dapat menjaga kelembapan dan mencegah bibir kering serta pecah-pecah.

Selain itu, lip balm sering kali dilengkapi dengan SPF untuk melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari, serta mengandung bahan tambahan seperti vitamin E untuk memberikan efek antioksidan dan perawatan ekstra.

Sejalan dengan hal itu, banyak merek atau brand skincare yang menciptakan lip balm dengan kandungan SPF serta klaimnya yang lain. Seperti lip balm dengan kandungan SPF yang sempat viral akhir-akhir ini. Dua di antaranya adalah Sebamed Lip Defense Stick SPF 30 dan Buttered Unscented Lip Balm SPF 15.

Kedua produk tersebut diklaim punya formula yang ringan dan dapat menjaga kulit tetap lembut, serta terlindung dari sinar matahari sepanjang hari. Untuk membuktikan klaim tersebut, seorang TikToker dengan nama akun @yoselyn.eunike, melakukan battle review keduanya. Kira-kira di antara kedua produk tersebut, mana yang cocok dipakai outdoor?

foto: TikTok/@yoselyn.eunike

"bibir juga butuh sunscreen ygy! pilih SPF sesuai kebutuhan kalian," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @yoselyn.eunike, Senin (12/8).

Di awal video, pemilik akun membandingkan harga dari kedua produk lip balm tersebut. Menurutnya, kedua produk itu memiliki harga yang sama-sama affordable. Lip balm Sebamed dibanderol dengan harga Rp 50 ribuan, sedangkan Buttered dibanderol dengan harga Rp 30 ribuan.

foto: TikTok/@yoselyn.eunike

Lebih lanjut, pemilik akun membandingkan komposisi keduanya. Menurutnya, kedua lip balm tersebut sama-sama memiliki moisturizing agents. Lip balm Sebamed dengan kandungan jojoba oil, rice bran oil, hingga castor oil. Sedangkan lip balm Buttered, terdiri dari beeswax, sunflower seed oil, cocoa seed butter, hingga coconut oil.

foto: TikTok/@yoselyn.eunike

Beralih ke segi tekstur, menurut pemilik akun Buttered memiliki tekstur yang melt sehingga mudah diaplikasikan. Sementara lip balm Sebamed punya tekstur lebih padat. Meski begitu, keduanya sama-sama beraroma buah yang menyegarkan.

"Well, dari segi fungsi dia sama-sama bagus buat ngatasin bibir pecah-pecah, melembapkan bibir. Cuma yang beda tuh dari tingkat SPF-nya. Nah, kalau yang Buttered ini SPF 15, dan yang Sebamed SPF 30. Jadi gue sih lebih prefer pakai lip balm Buttered di indoor, dan pakai lip balm Sebamed buat kegiatan outdoor," lanjut pemilik akun.

foto: TikTok/@yoselyn.eunike

(brl/lut)