Bebas dehidrasi, ini trik bikin kulit tetap segar saat panas-panasan pakai toner dari 1 jenis buah

12 Juli 2023 19:10 WIB

Brilio.net - Lama beraktivitas di luar ruangan tentu memunculkan rasa gerah yang bikin nggak nyaman. Bahkan, aktivitas ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit akibat paparan sinar matahari terus-menerus. Hal ini bisa menyebabkan iritasi kulit dan rasa terbakar. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang terdiri dari UVA dan UVB penyebab berbagai masalah kulit seperti penuaan dini, kerusakan DNA, dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk meminimalisir dampak buruk akibat paparan sinar matahari ini, kamu wajib mengenakan sunscreen setiap hari. Namun, jika gejala iritasi muncul di kulit, kamu harus mengatasinya dengan perawatan lebih. Salah satunya dengan menggunakan toner spray dari bahan-bahan alami yang bisa kamu buat sendiri.

Seperti ditunjukkan oleh akun Instagram @diybyshikha yang memanfaatkan ekstrak mentimun dan air mawar sebagai solusi mengatasi iritasi. Langkah pembuatannya telah dilansir briliobeauty.net pada Rabu (12/7) berikut ini.

foto: freepik.com

Mentimun merupakan buah yang mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk kulit dalam mengatasi masalah yang dipicu oleh sinar matahari. Hal ini dikarenakan kandungan seperti vitamin C dan caffeic acid dalam mentimun memiliki sifat antiinflamasi yang mampu meredakan kemerahan serta iritasi. Selain itu, mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat memberikan efek pendinginan pada kulit yang terbakar atau iritasi akibat sinar matahari.

foto: freepik.com

Sementara itu, air mawar, dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan menghidrasi kulit. Air mawar mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi, seperti vitamin A dan C, ditambhan dengn senyawa asam malat. Kandungan ini secara aktif membantu meredakan peradangan, mengurangi kemerahan, dan menghidrasi kulit secara alami. Selain itu, air mawar juga dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit dan memperbaiki elastisitas kulit yang terpengaruh oleh paparan sinar matahari.

Nah, untuk memanfaatkan kedua bahan di atas, kamu bisa menyulapnya menjadi sebuah toner praktis dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:
1. 1 buah mentimun
2. 1 gelas sedang air mawar
3. Botol spray kosong
4. Wadah kecil

foto: Instagram/@diybyshikha

Langkah pengerjaan:
1. Potonglah 1 buah mentimun menjadi kecil-kecil, lalu peras untuk mendapatkan airnya.
2. Masukkan air perasan mentimun tersebut ke dalam wadah kecil, diikuti dengan memasukkan sekitar 1 gelas sedang air mawar.
3. Aduk hinga larutannya merata.
4. Setelahnya, tuangkan ke dalam botol spray kosong yang telah dibersihkan.
5. Masukkan ke dalam kulkas untuk mendapatkan sensasi dingin yang lebih menyegarkan saat dipakai. Gunakan kapanpun dibutuhkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Shikha (@diybyshikha)

(brl/wen)