Bebas kusam tanpa perawatan mahal, ini trik memutihkan wajah secara alami pakai 1 jenis buah-buahan

19 Oktober 2023 19:10 WIB

Brilio.net - Wajah putih, glowing, dan cerah merata adalah impian bagi para kaum hawa. Namun untuk mendapatkan wajah impian bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang membuat wajah jadi kusam, gelap, bahkan belang. Seperti paparan sinar matahari, polusi, sel kulit mati yang menumpuk, merokok, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Sinar matahari adalah penyebab paling umum yang membuat kulit wajah jadi bermasalah. Pasalnya, sinar UV yang dipancarkan akan merusak kulit hingga membuat kulit memproduksi banyak melanin. Melanin ini yang membuat wajah tampak kusam bahkan menjadi belang. Begitupun dengan orang yang jarang melakukan eksfoliasi wajah, membuat sel kulit mati menumpuk di wajahnya.

Jika sel kulit mati menumpuk, regenerasi kulit jadi terhambat. Hal ini yang membuat kulit seseorang susah putih dan warnanya tidak merata. Karena masalah ini, banyak orang mencari cara untuk memutihkan wajahnya. Tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan perawatan mahal.

Padahal ada cara alami yang tak kalah ampuh jika digunakan secara rutin lho. Selain dapat memutihkan wajah, beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan juga baik untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Hal tersebut dikarenakan biasanya bahan alami mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti halnya unggahan dari akun TikTok @mustofaofficial76 pada 14 Juni 2023, yang membagikan trik memutihkan wajah secara alami pakai 1 jenis buah-buahan. Buah yang digunakan adalah bengkuang. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"CERAHKAN WAJAH SECARA ALAMI HASILNYA SEPERTI PERAWATAN MAHAL," tulisnya sebagai keterangan video unggahan yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @mustofaofficial76, Kamis (19/10).

foto: freepik.com

Bengkuang merupakan buah berwarna putih yang menyegarkan dan memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Buah yang kerap kali jadi bahan rujak ini ternyata juga banyak dimanfaatkan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit lho. Bengkuang kaya akan vitamin C yang mampu menurunkan produksi melanin dan memutihkan wajah.

Kandungan antioksidan pada bengkuang juga dapat membuat kulit wajah tampak glowing dan cerah merata. Manfaat bengkuang untuk kecantikan lainnya yaitu dapat menyamarkan flek hitam. Pasalnya, bengkuang mengandung vitamin A, C, dan senyawa betakaroten yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini yang ampuh menutrisi dan mendukung regenerasi kulit.

Sementara madu, selain ampuh dalam melembapkan kulit, bahan yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan kulit. Hal ini berkat kandungan vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya. Berkat kandungan tersebut, madu juga bisa bikin wajah glowing dan meratakan warna kulit.

foto: TikTok/@mustofaofficial76

Cukup dengan kedua bahan alami tersebut, kamu dapat membuat masker yang ampuh memutihkan wajah yang kusam. Masker alami ini juga akan membuat wajah tampak glowing dan kenyal. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 buah bengkuang
2. 3 sendok makan madu

foto: TikTok/@mustofaofficial76

Cara membuat:

1. Kupas bengkuang dari kulitnya.
2. Cuci bengkuang lalu parut hingga halus.
3. Peras bengkuang yang sudah diparut untuk mendapatkan airnya.
4. Diamkan sampai saripati bengkuang mengendap.
5. Buang airnya dan sisakan saripatinya saja.
6. Tambahkan madu, lalu aduk keduanya sampai tercampur merata.
7. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan wajah benar-benar bersih.
8. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh.
9. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
10. Keringkan wajah dan aplikasikan moisturizer.
11. Gunakan masker pemutih wajah ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang glowing dan cerah merata.

(brl/jad)