Bersih dalam 1 minggu tanpa pore pack, ini trik kecilkan pori-pori agar wajah mulus pakai 1 jenis buah

30 November 2023 16:10 WIB

Brilio.net - Pori-pori merupakan rongga kecil pada permukaan kulit yang berfungsi sebagai saluran pengeluaran minyak dan keringat dari dalam tubuh. Hal ini membuat pori-pori berperan penting dalam proses menjaga keseimbangan suhu dan kelembapan kulit. Akan tetapi, proses kerja pori-pori dapat terganggu apabila terjadi gangguan, terutama menyangkut pembesaran lubang pori-pori itu sendiri.

Pada dasarnya, pembesaran rongga pori-pori akan memudahkan kotoran untuk masuk ke dalam kulit. Saat ukuran pori-pori mengecil, hal ini tentunya menjadi lebih sulit terjadi. Ketika kotoran masuk ke dalam kulit, ujungnya bisa bercampur dengan sebum dan menumpuk menjadi gumpalan yang menyumbat pori-pori. Tak hanya membuat kulit kasar, penyumbatan ini dapat berkembang menjadi masalah yang lebih besar, seperti komedo hingga jerawat.

Salah satu cara populer untuk mengatasi masalah di atas adalah menggunakan pore pack. Sejenis strip perekat yang dapat ditempelkan pada kulit ini akan menarik keluar kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Meskipun mudah digunakan, penggunaan pore pack justru dapat membuat pori-pori tetap terbuka, sehingga tidak mengatasi akar dari masalah ini.

Namun begitu, kamu yang menghadapi persoalan ini nggak perlu panik. Pasalnya, ada banyak bahan alami di luar sana yang bisa kamu manfaatkan sebagai solusi alternatif mengecilkan ukuran pori-pori.

Salah satunya seperti menggunakan campuran mentimun dengan teh hijau, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @ninisvanitybox pada Kamis (30/11).

foto: freepik.com

Mentimun merupakan salah satu buah yang baik untuk perawatan kulit. Kandungan air yang tinggi dalam mentimun dapat menyeimbangkan kadar hidrasi dan produksi minyak di dalam kulit. Mentimun juga mengandung caffeic acid yang memiliki sifat antioksidan, sehingga mampu menangkal kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain itu, mentimun juga memiliki sifat astringen yang mampu membantu mengecilkan pori-pori dengan mengurangi produksi sebum dan membersihkannya.

foto: freepik.com

Teh hijau telah dikenal sejak lama karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan manfaatnya bagi kesehatan kulit. Kandungan polifenol sebagai senyawa antioksidan alami membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, teh hijau juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengatasi peradangan yang bisa memicu pori-pori menjadi lebih besar dan tersumbat. Plus, kemampuan teh hijau untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit dapat mengurangi kemungkinan terjadinya sumbatan pada pori-pori.

Untuk menggunakan kedua bahan di atas, kamu bisa mengikuti petunjuk berikut ini.

Alat dan bahan:

1. 1 buah mentimun segar
2. 1 bungkus teh hijau
3. Cetakan es
4. Alat parut

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@ninisvanitybox

1. Potong 1 buah mentimun segar, lalu parutlah menjadi bulir-bulir kecil.
2. Di saat yang sama, seduh 1 bungkus teh hijau dalam segelas air panas.
3. Masukkan beberapa bulir mentimun tersebut dalam cetakan es yang telah disiapkan.
4. Tambahkan sedikit air teh hijau di masing-masing cetakan berisi timun tadi.
5. Dinginkan dalam kulkas selama semalaman hingga membeku.
6. Ambil 1 bongkah es tersebut, lalu oleskan secara perlahan ke wajah yang bersih.
7. Diamkan selama beberapa saat (sekitar 10 menit) sebelum dibilas hingga bersih.
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Anjani Bhoj (@ninisvanitybox)

(brl/jad)