Bikin kulit mulus, 7 bahan makanan rekomendasi dokter ini bisa bantu mempercepat penyembuhan jerawat

04 / 05 / 2024 21:00 WIB

Brilio.net - Jerawat masih menjadi permasalahan kulit yang menjengkelkan bagi banyak orang. Masalah kulit ini dapat dialami oleh siapa saja, tetapi umumnya pertama kali muncul di masa remaja atau pubertas, yaitu usia 10 sampai 18 tahun. Kondisi jerawat cenderung lebih parah pada remaja laki-laki dan orang yang memiliki jenis kulit berminyak.

Masalah kulit yang umumnya terjadi di area wajah ini disebabkan oleh penyumbatan di pori-pori kulit, tepatnya di folikel rambut. Pada folikel rambut, terdapat kelenjar minyak yang normalnya memproduksi minyak alami kulit untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Jerawat timbul jika saluran keluar minyak tersebut tersumbat akibat produksi minyak yang berlebihan, penumpukan sel-sel kulit mati, debu, polusi, sisa makeup, serta infeksi bakteri. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil kemerahan yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Kondisi ini bisa diatasi dengan berbagai cara.

Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan skincare khusus jerawat, hingga dimaksimalkan dengan pola hidup yang sehat. Seperti mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi. Ada beberapa makanan yang bisa membantu penyembuhan jerawat dari dalam. Meski nggak bisa langsung, namun khasiatnya bisa dirasakan jangka panjang.

Apa saja makanannya? Yuk, simak tujuh bahan makanan rekomendasi dokter yang bisa membantu penyembuhan jerawat, seperti briliobeauty.net lansir dari akun YouTube Saddam Ismail, Sabtu (4/5).

1. Pepaya.

foto: freepik.com

Pepaya adalah salah satu buah tinggi kandungan enzim papain yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Kelebihan minyak kulit ini dapat memperburuk masalah jerawat dengan menyumbat folikel rambut.

Nah, kandungan vitamin C dalam pepaya juga efektif untuk menutrisi dengan merangsang jaringan kolagen dalam kulit, sehingga jerawat akan cepat sembuh. Kamu bisa mengonsumsinya atau menjadikannya masker wajah.

"Pepaya, kandungan nutrisinya juga bisa membantu untuk menghilangkan jerawat. Karena bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, menyembuhkan luka secara alami," kata dokter Saddam.

2. Lemon.

Lemon memang diklaim mampu mengatasi jerawat di wajah berkat kandungan vitamin C dan asam sitrat di dalamnya. Tak hanya itu saja, lemon juga mengandung asam askorbat yang ampuh menghilangkan jerawat membandel karena membantu mencegah keparahan dan mempercepat proses penyembuhan.

"Kandungan vitamin C-nya ini bisa temen-temen gunakan untuk membasmi jerawat dari dalam, menyehatkan kulit, menyamarkan noda. Bisa mengonsumsi lemon dengan cara diminum atau mau diolah jus, terserah bebas. Bukan langsung di olesi pada wajah," jelas sang dokter.

3. Buah beri.

foto: freepik.com

Aneka buah beri, baik itu blackberry, stroberi, atau cranberry dan sejenisnya mengandung antioksidan yang dapat membantu memerangi radikal bebas. Konsumsi buah beri secara teratur efektif untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang merusak, dan juga membantu pembaruan sel kulit serta mengatasi masalah jerawat di wajah.

"Buah beri kaya akan vitamin C dan antioksidan untuk mencegah peradangan. Karena jerawat itu biasanya merah-merah dan juga akan mencegah jerawat lainnya muncul," ungkap dokter Saddam.

4. Ubi.

Ubi juga menjadi bahan makanan yang dianggap baik untuk menghilangkan jerawat karena mengandung vitamin A. Vitamin A memiliki peran penting dalam memperbaiki lapisan terluar kulit atau skin barrier, meredakan peradangan, meratakan warna kulit, serta membersihkan pori-pori kulit yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

"Dengan mengonsumsi ubi secara rutin dapat mengobati jerawat dan mengatasi jerawat karena kandungan vitamin A-nya. Vitamin tersebut dapat mengurangi minyak berlebih di wajah. Tapi ketika mengonsumsi ubi, jangan makan secara berlebihan dan memasak dengan cara yang tidak sehat," lanjut sang dokter.

5. Bayam.

foto: freepik.com

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan klorofil. Klorofil adalah pewarna hijau alami yang ada pada tumbuhan. Nah, zat ini mampu mengurangi dan melawan jerawat serta meredakan peradangan akibat jerawat lho. Pasalnya, klorofil memiliki antibakteri, anti radang, dan antioksidan alami.

"Bayam tinggi antioksidan dan vitamin E yang bagus untuk kulit. Bayam juga bisa membantu meningkatkan kolagen yang bikin kulit kencang," celetuk dokter Saddam.

6. Ikan.

Ikan kaya akan kandungan asam lemak Omega-3 yang dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi di seluruh tubuh, termasuk jerawat yang terjadi di kulit wajah. Nah, kamu bisa mengonsumsi ikan tuna dan salmon beberapa kali dalam seminggu untuk membantu mencegah jerawat muncul.

"Karena jika kekurangan Omega-3, bisa bikin kulit gatal dan kering," jelas sang dokter.

7. Quinoa.

foto: freepik.com

Quinoa adalah sejenis gandum yang kaya akan asam amino esensial dan tinggi serat. Makanan ini telah dikenal sebagai golongan superfood untuk dikonsumsi saat menerapkan pola makan sehat karena kaya nutrisi. Namun, tak hanya untuk makanan diet saja, quinoa juga ampuh untuk merawat kesehatan kulit wajah, lho. Selain kaya serat, quinoa mengandung seng yang diklaim bisa menghilangkan jerawat. Seperti yang ditulis dalam salah satu penelitian dalam jurnal BioMed Research International Journal.

"Seng dalam quinoa mampu membantu mengatasi jerawat dari dalam. Kamu bisa mengonsumsi secara rutin sebagai pengganti nasi," pungkas dokter Saddam.