Buah dengan kandungan likopen ini bisa pudarkan flek hitam di wajah, nggak perlu laser mahal

6 Juli 2024 18:01 WIB

Brilio.net - Flek hitam dapat membuat wajah terlihat kurang mulus, kusam, dan memiliki warna tidak merata. Bagian tubuh yang rentan mengalami flek hitam adalah wajah, karena memiliki kulit yang lebih tipis dan sering terpapar radikal bebas.

Masalah kulit wajah ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari yang berlebihan, proses penuaan, penggunaan produk kosmetik atau skincare yang tidak cocok, genetik, dan polusi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memudarkan atau menghilangkan flek hitam. Mulai dari perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare khusus untuk flek hitam, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @erajzaidi1. Dalam videonya terlihat ia menggunakan buah dengan kandungan likopen untuk memudarkan flek hitam di wajah. Jadi, kamu tak perlu laser wajah dengan biaya yang menguras kantong.

foto: TikTok/@erajzaidi1

Nah, buah dengan kandungan likopen yang dimaksud adalah tomat. Selain tomat, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt dan tepung besan atau tepung gram. Begini cara membuat dan menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @erajzaidi1, Sabtu (6/7).

Bahan:

- 1 Buah tomat segar
- 1 Sendok makan yoghurt
- 1 Sendok teh tepung besan

foto: TikTok/@erajzaidi1

Cara membuat dan menggunakannya:

1. Cuci tomat sampai bersih.
2. Haluskan tomat menggunakan blender atau sendok.
3. Tambahkan yoghurt dan tepung besan.
4. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih.
6. Tunggu sampai setengah kering lalu gosok-gosok dengan lembut seperti saat menggunakan scrub.
7. Bilas menggunakan air sampai bersih.
8. Keringkan lalu lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
9. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas flek hitam.

foto: TikTok/@erajzaidi1

Manfaat tomat untuk memudarkan flek hitam di wajah.

Tomat banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Tak terkecuali untuk memudarkan flek hitam membandel di wajah. Ini berkat kandungan antioksidan, vitamin C, A, B, kalium, likopen, dan magnesium. Beberapa kandungan tersebut dipercaya dapat mencerahkan wajah, menghilangkan noda membandel, hingga mengatasi jerawat. Kandungan antioksidan di dalamnya juga ampuh memudarkan flek hitam.

Kandungan yoghurt untuk mengatasi tampilan flek hitam.

Salah satu manfaat yoghurt untuk kesehatan kulit adalah mengatasi tampilan flek hitam. Yoghurt juga bermanfaat untuk mengatasi kerutan, kulit kusam, serta noda gelap di wajah (termasuk flek hitam) dan membuatnya jadi lebih cerah merata, berkat kandungan vitamin, zinc, dan lactic acid di dalamnya.

Tepung besan bisa bantu pudarkan flek hitam agar wajah cerah merata.

Tepung yang dibuat dengan kacang chickpea ini bermanfaat untuk menyingkirkan jerawat, menghilangkan bulu wajah, dan banyak lagi manfaat lainnya. Ini berkat kandungan asam linoleat dan oleat, yang merupakan asam lemak tak jenuh bergizi penting.

Berkat kandungan di dalamnya tersebut, tepung besan juga efektif mengatasi pigmentasi wajah seperti flek hitam dan penuaan dini. Kandungan vitamin dan asam linoleatnya mampu menutrisi kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

(brl/jad)