Buah kaya vitamin C ini bisa kikis noda kuning pada gigi, cara mengolahnya tak sampai 5 menit

24 Juli 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Noda kuning pada gigi merupakan masalah umum terjadi dan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah kebiasaan merokok, konsumsi kopi, teh, atau minuman berwarna lainnya. Selain itu, tidak menjaga kebersihan gigi yang baik juga dapat menyebabkan penumpukan plak yang kemudian mengeras menjadi tartar atau plak, yang biasanya berwarna kuning.

Untuk mengatasi noda kuning pada gigi, langkah-langkah berikut dapat dilakukan. Pertama, menjaga kebersihan gigi secara teratur dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan menggunakan benang gigi setiap hari. Ini membantu mengurangi penumpukan plak yang dapat menyebabkan noda kuning.

Kedua, hindari konsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan gigi menguning. Ketiga, berkonsultasi dengan dokter gigi untuk membersihkan plak secara profesional. Pembersihan rutin oleh dokter gigi dapat membantu mengikis noda kuning yang sulit dihilangkan dengan sikat gigi biasa.

Selain itu, kamu juga bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Cara ini akan membantu mengikis noda kuning pada gigi. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @bodywell1, yang memakai buah kaya vitamin C untuk mengikis noda kuning di gigi. Buah yang dimaksud adalah lemon.

Buah kaya vitamin C bisa kikis noda kuning pada gigi
TikTok/@bodywell1

Tak hanya itu saja, dia juga menambahkan bahan lain yaitu baking soda dan garam. Usai mengetahui bahan-bahan yang digunakan, kini saatnya kamu menyimak cara mengolahnya yang tak sampai 5 menit berikut ini, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @bodywell1, Rabu (24/7).

Bahan:

- 1 sendok makan baking soda
- 1 sendok makan garam
- 2 sendok makan perasan lemon

Buah kaya vitamin C bisa kikis noda kuning pada gigi
TikTok/@bodywell1

Cara mengolah dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi seperti biasanya
4. Gosok-gosok dengan lembut sekitar 1-2 menit
5. Bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan menyikat gigi memakai pasta gigi
7. Bilas dengan berkumur menggunakan air sampai benar-benar bersih
8. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan gigi yang tampak lebih putih bebas noda kuning.

Buah kaya vitamin C bisa kikis noda kuning pada gigi
TikTok/@bodywell1

Kandungan baking soda untuk mengikis noda kuning pada gigi.

Dilansir dari Healthline, salah satu bahan yang dapat memutihkan gigi adalah baking soda. Kandungan yang terdapat pada baking soda mampu memutihkan gigi dan menghilangkan noda kekuningan pada permukaan gigi. Bahan pengembang kue ini memiliki sifat abrasif ringan sehingga mampu menghilangkan plak di permukaan gigi.

Manfaat garam untuk memutihkan gigi.

Garam bekerja dengan cara meningkatkan keseimbangan pH di dalam mulut agar tetap dalam kondisi basa, sebagai upaya untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Garam juga dapat membantu melepaskan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi yang dapat menyebabkan plak dan gigi kuning.

Lemon efektif memutihkan gigi yang tampak menguning.

Lemon dipercaya mampu membantu memudarkan noda kekuningan pada gigi. Kandungan asam atau vitamin C dalam lemon mampu mengikis bakteri penyebab gigi kuning. Bahkan jika digunakan secara rutin, lemon akan membuat mulut lebih segar, bebas bau mulut tak sedap, dan putih secara alami.

(brl/ola)