Bukan aloe vera, ini trik bikin gel antiaging agar keriput pudar pakai 1 jenis biji-bijian

8 Agustus 2023 19:10 WIB

Brilio.net - Tubuh manusia sejatinya terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan menjadi lebih baik di saat usia muda, termasuk pada kulit. Namun, pada tahap tertentu, proses transformasi ini akan berubah menjadi proses penurunan fungsi keseluruhan organ tubuh secara bertahap, termasuk diantaranya adalah perubahan pada struktur kulit. Nah, siklus inilah yang sering disebut banyak orang sebagai fase penuaan.

Salah satu kondisi utama yang terjadi para kulit yang mengalami proses penuaan adalah kulit menjadi kering dan keriput. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya kulit akan kehilangan kemampuan alami untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan akibat penurunan produksi kolagen dan elastin dalam kulit seiring bertambahnya usia. Selain itu, penurunan produksi minyak dan rusaknya serat kolagen dan elastin tadi akibat paparan sinar matahari dalam waktu yang lama pada akhirnya akan menyebabkan kulit menjadi kering serta mengalami keriput lebih cepat.

Selain terjadi secara alami, pada dasarnya terdapat beberapa faktor yang dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan di atas. Hal-hal seperti paparan sinar matahari secara berlebihan, polusi udara, hingga pola hidup yang tidak sehat sekalipun sedikit banyaknya mempengaruhi rusaknya kelembapan alami kulit yang didukung oleh kolagen dan elastin tadi. Akibatnya, banyak orang yang mengalami munculnya tanda-tanda penuaan bahkan di umur yang masih notabene muda sekalipun. 

Akan tetapi, kamu nggak perlu panik kok. Selain tentunya kamu harus mengubah kembali gaya hidup ke arah yang lebih sehat, kamu juga bisa mengandalkan berbagai bahan alami untuk dimanfaatkan kandungannya sebagai solusi alternatif mengatasi masalah penuaan dini. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan flaxseed alias biji rami sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @simmi_bijalwan di Instagram pada Selasa (8/8).

foto: freepik.com

Flaxseed merupakan sejenis biji-bijian yang kaya akan asam lemak omega-3, serat, vitamin E, dan antioksidan. Nah, manfaat flaxseed dalam mengatasi keriput dan garis halus terletak pada kemampuan komponen tersebut untuk meningkatkan kelembapan kulit dan merangsang produksi kolagen. 

Asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga elastisitas kulit, sementara vitamin E dan senyawa antioksidan di dalamnya membantu mengurangi kerusakan sel akibat paparan UV. Hal ini membuat flaxseed menjadi bahan yang efektif dalam memberikan nutrisi yang diperlukan kulit untuk melawan efek penuaan.

Nah, tata cara penggunaan biji rami alias flaxseed ini bisa kamu lihat pada petunjuk di bawah berikut:

Alat dan bahan: 

1. 2 sendok teh flaxseed (biji rami)

2. 1 gelas air

3. Wadah kecil

4. Alat saring

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@simmi_bijalwan

1. Masukkan air sebanyak 1 gelas sedang dalam panci.

2. Rebuslah 2 sendok teh flaxseed setelahnya selama 10-12 menit hingga gel keluar.

3. Bila dirasa cukup, saringlah gel tersebut dalam sebuah wadah kecil.

4. Aplikasikan gel flaxseed tadi ke wajah secara menyeluruh sembari dipijat selama 2-3 menit.

5. Diamkan selama 10-15 menit setelahnya.

6. Bila waktu habis, bilas dengan air bersih hingga residu tidak lagi bersisa.

7. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by @Simmi Bijalwan (@simmi_bijalwan)

(brl/pep)