Bukan cuma buah bit, ini trik memutihkan wajah gelap akibat flek hitam pakai 1 produk olahan susu

30 November 2023 15:10 WIB

Brilio.net - Munculnya flek, atau bercak-bercak hitam di kulit, merupakan salah satu masalah kulit yang acamp menganggu penampilan wajah banyak orang. Flek hitam ini membuat warna kulit menjadi gelap dan tidak merata antara satu area dengan yang lainnya. Selain itu, flek hitam juga membuat kulit menjadi kusam, sehingga terkesan kotor. Kondisi ini jelas akan mengurangi keindahan sekaligus kepercayaan diri orang yang mengalaminya.

Penyebab utama dari munculnya flek hitam di wajah adalah paparan faktor lingkungan berupa sinar matahari dan polusi. Hal ini dikarenakan paparan sinar UV dapat memicu naiknya produksi melanin sebagai komponen yang memberi pigmen warna gelap pada kulit. Dalam prosesnya, paparan berkelanjutan tersebut seringkali bercampur dengan melekatnya polusi pada wajah, sehingga memicu kerusakan sel kulit dan kemunculan bercak hitam yang menghilangkan kilau alami wajah.



Untuk mengatasi masalah di atas, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain harganya terjangkau, bahan alami ini tentunya juga mudah didapatkan. Bahan-bahan tersebut adalah yoghurt bersama buah bit, aloe vera, dan madu, sebagaimana diperagakan oleh @iam_pragati di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Kamis (30/11).

foto: freepik.com

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang dikenal kaya akan khasiat bermanfaat. Yoghurt mengandung asam laktat, probiotik, vitamin B, hingga zat besi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Asam laktat memberikan manfaat besar dengan bertindak sebagai agen pemutih alami yang membantu mengurangi hiperpigmentasi dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Sementara itu, probiotik membantu memperkuat lapisan pelindung alami kulit sehingga kulit pun menjadi lebih sehat.

foto: freepik.com

Buah bit adalah sayuran dengan senyawa antioksidan kuat seperti betalain dan vitamin C yang dapat membantu mengatasi kerusakan akibat sinar UV dan mencegah terbentuknya bintik-bintik hitam pada kulit. Selain itu, kandungan zat besi dan vitamin B dalam buah bit juga secara aktif bekerja meningkatkan sirkulasi darah ke kulit yang dapat mendukung regenerasi sel-sel kulit. Hal ini dalam prosesnya akan memunculkan kulit yang lebih cerah dan sehat.

foto: freepik.com

Gel aloe vera kaya akan aloin, aloesin, dan enzim proteolitik. Aloin dan aloesin membantu mengurangi produksi melanin dan membantu menghilangkan noda hitam pada kulit. Selain itu, enzim proteolitik dalam aloe vera berperan penting dalam membantu mengangkat kotoran secara alami. Seluruh manfaat ini membuat aloe vera secara efektif membantu agar kulit terlihat lebih segar dan cerah.

foto: freepik.com

Madu sendiri adalah cairan lebah yang sudah lama terkenal akan manfaatnya. Selain mengandung enzim yang membantu melembapkan kulit, madu juga kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, dan mineral yang mampu menstimulasi proses regenerasi sel-sel kulit, yang pada akhirnya akan mencerahkan kulit dari bercak-bercak hitam yang muncul.

Keempat bahan alami di atas bisa kamu ubah sebagai masker yang efektif dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 2 Sendok makan tepung beras
2. 1 Sendok makan madu murni
3. 1 Sendok makan gel aloe vera
4. 1 Sendok makan yoghurt
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@iam_pragati

1. Masukkan 2 sendok makan tepung beras dalam sebuah wadah kecil.
2. Tuangkan setelahnya 1 sendok makan madu murni.
3. Tambahkan pula gel aloe vera dan yoghurt masing-masing 1 sendok makan.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
5. Oleskan campuran ini ke wajah dan leher yang telah dibersihkan sebelumnya secara merata.
6. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas hingga bersih.
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pragati Yadav (@iam_pragati)

(brl/far)