Bukan cuma kunyit, ini trik haluskan wajah kasar berpori-pori besar pakai 1 sumber protein

8 Desember 2023 14:10 WIB

Brilio.net - Dalam dunia medis, pori-pori sebagai struktur saluran mikroskopis pada kulit manusia. Dimana pori-pori berperan dalam proses regulasi suhu tubuh dengan memproduksi keringat serta minyak alami dari kelenjar di dalam kulit. Setiap individu memiliki jumlah dan ukuran rongga pori-pori yang berbeda.

Wajah yang sehat ditandai dengan ukuran pori-pori kecil dan samar, sehingga menampakkan kesan mulus. Sebaliknya, ukuran pori-pori besar membuat kulit terlihat kasar dan tidak rata. Hal ini dikarenakan ketika pori-pori membesar, rongganya akan mudah tersumbat oleh kotoran seperti debu dan polusi. Kondisi ini kemudian dapat merusak tekstur kulit, terkesan kasar dan tidak enak dipandang.

Pori-pori besar kerap terjadi pada mereka yang memiliki tipe kulit berminyak. Pasalnya, produksi minyak kulit alias sebum akan membuat rongga pori-pori terbuka lebih lebar dari biasanya. Dalam prosesnya, kotoran akan tersumbat dan bereaksi dengan kuman dan bakteri di dalam kulit. Permasalahan ini kemudian berujung pada terbentuknya komedo dan jerawat.

Kamu yang menghadapi masalah ini bisa mencoba mengandalkan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti memanfaatkan campuran putih telur dan kunyit, seperti yang diperagakan akun Instagram @thesassynandini_ di, dilansir briliobeauty.net pada Jumat (8/12).

haluskan wajah kasar berpori-pori
freepik.com

Putih telur mengandung protein albumin yang memiliki sifat pengencangan kulit. Protein ini membantu mengurangi ukuran pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga merapatkan lubang pori-pori dan menghaluskan kulit. Putih telur juga mengandung lisozim, enzim alami bersifat antimikroba yang membunuh bakteri pada pori-pori yang tersumbat, sehingga menjaga kulit tetap bersih.

haluskan wajah kasar berpori-pori
freepik.com

Bubuk kunyit memiliki manfaat luar biasa untuk kulit selain digunakan sebagai bahan dasar saat memasak. Bumbu kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa ini dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga mengurangi potensi penyumbatan pori-pori dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalamnya. Alhasil, kunyit pun dapat membuat pori-pori menjadi rapat dan menghaluskan kulit pula.

Kedua bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 butir telur
2. 1/2 sendok teh bubuk kunyit
3. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

haluskan wajah kasar berpori-pori
Instagram/@thesassynandini_

1. Pecahkan 1 butir telur, lalu pisahkan bagian putihnya dalam sebuah wadah kecil
2. Masukkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit
3. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
4. Aplikasikan campuran ini ke wajah secara menyeluruh sembari dipijat lembut
5. Diamkan hingga benar-benar mengering (10-15 menit), lalu bilas wajah hingga bersih dari residu
6. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rajnandini Singh || Content Creator (@thesassynandini_)

(brl/ola)