Bukan cuma madu, wanita ini bagikan trik hilangkan komedo pakai 1 jenis rempah

10 / 06 / 2024 13:10 WIB

Brilio.net - Satu di antara sekian banyaknya orang pasti pernah menonton video mencabut komedo, kan? Video ini memang banyak ditonton di platform seperti TikTok atau Instagram. Selain menimbulkan rasa puas atau satisfying. Komedo di wajah merupakan masalah umum yang dirasakan banyak orang.

Berbeda dengan jerawat, komedo merupakan jenis jerawat ringan dengan tampilan warna putih atau hitam. Biasanya penyebab munculnya komedo adalah pori-pori wajah tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri.

Melansir dari healthline, Senin (10/6), permukaan komedo putih tertutup lapisan kulit dan berwarna putih. Sedangkan permukaan komedo hitam terbuka dan terpapar udara, sehingga warnanya berubah menjadi cokelat atau kehitaman.

Seperti halnya jerawat, komedo juga bisa terjadi di seluruh bagian wajah. Namun yang paling sering, komedo ini muncul di sekitar area hidung dan dagu. Hal ini dikarenakan kedua bagian tersebut seringkali terlewatkan saat perawatan wajah.

Semua setuju jika komedo itu mengganggu penampilan wajah. Nah, kamu bisa menghilangkannya dengan trik yang dilakukan Instagram @beautifulyoutips. Lewat unggahan reels, pengguna beauty vlogger ini memanfaatkan beberapa bahan alami seperti kentang, alum powder atau tawas, minyak kelapa, dan bubuk kunyit. Semua bahan tersebut tak dicampur dengan madu.

Nah, penasaran dengan cara membuat dan menggunakan semua bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @beautifulyoutips, Senin (10/6).

Bahan:

foto: Instagram/@beautifulyoutips

- 2 sendok makan jus kentang
- 1 sendok teh alum powder atau tawas
- 2 sendok makan minyak kelapa
- 1 sendok teh bubuk kunyit
- 1/2 perasan lemon
- 1 sendok makan tepung gram.

Cara membuat:

foto: Instagram/@beautifulyoutips

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Tuangkan jus kentang ke dalam mangkuk
3. Campurkan dengan minyak kelapa dan bubuk tawas
4. Tambahkan bubuk kunyit dan perasan lemon
5. Campur dengan tepung gram
6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
7. Masker siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@beautifulyoutips

1. Pastikan area wajah bersih
2. Oleskan masker secara merata pada hidung dan dagu
3. Tunggu selama 15 hingga 20 menit
4. Gosok-gosokkan secara perlahan
5. Jika semua masker suda terangkat, bilas menggunakan air biasa.

Manfaat dari bahan-bahan alami untuk hilangkan komedo.

1. Alum powder atau tawas.

Bahan alami pertama yang punya manfaat untuk hilangkan komedo adalah tawas. Tawas atau dikenal phikari, punya sifat mencerahkan kulit sehingga mampu menghilangkan hiperpigmentasi. Adanya efek astringen dalam tawas mampu menjaga mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Dilansir dari Indian Times, Senin (10/6) tawas juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo dan jerawat.

2. Kentang.

Kentang tak cuma digunakan sebagai bahan masakan saja, melainkan punya manfaat lain yaitu menghilang komedo. Adanya kandungan berupa asam azelaic mampu mencegah munculnya jerawat dan komedo. Tak cuma itu, adanya vitamin C dalam jus kentang dipercaya bisa cegah penuaan. Vitamin C inilah yang bisa memperkuat sel-sel kulit dan menghalau tanda-tanda penuaan.

3. Minyak kelapa.

Minyak kelapa punya kandungan asam lemak dan sifat antimikroba yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Adanya kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dipercaya membunuh bakteri P.acnes. Melansir dari Healthline, asam laurat lebih efektif membunuh bakteri, jika dibandingkan benzoil peroksida.

4. Kunyit.

Kunyit yang termasuk bahan rempah ternyata bisa digunakan untuk atasi komedo, lho. Mengapa? Sebab kunyit punya sifat antibakteri dari kurkumin yang mampu membunuh bakteri penyebab komedo. Selain itu, adanya antiradang di kunyit mampu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by (@beautifulyoutips)