Bukan cuma moisturizer, cara lembapkan wajah dehidrasi ini pakai tambahan 1 jenis kapsul

28 / 05 / 2024 07:45 WIB

Brilio.net - Kulit merupakan bagian tubuh yang cukup penting untuk dirawat secara intens. Perawatan dilakukan agar kulit tetap lembap, cerah, dan terhindar dari kering serta bersisik. Biasanya bagian kulit yang mudah kering adalah kaki dan tangan. Namun selain itu, kulit wajah juga berisiko tinggi mengalami kekeringan bahkan bisa dehidrasi, lho.

Wajah dehidrasi merupakan kondisi di mana kulit wajah kekurangan kelembapan yang cukup. Oleh karena itu, menyebabkan tampilan kulit jadi kusam, kering, dan tidak bercahaya. Kulit dehidrasi bisa dialami oleh semua jenis kulit, termasuk berminyak.

Penyebab wajah dehidrasi bisa berasal dari berbagai faktor. Kekurangan asupan air menjadi faktor utama. Pasalnya, tubuh memerlukan air yang cukup untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, faktor lingkungan seperti cuaca panas, berangin, dan kelembapan rendah dapat mengurangi kelembapan pada kulit. Tak hanya itu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat merusak lapisan pelindung kulit, sehingga menyebabkan kehilangan air alami.

Memberikan rasa yang kurang nyaman pada kulit wajah, banyak orang mengatasi wajah dehidrasi menggunakan moisturizer. Memang moisturizer ampuh mengatasi kulit wajah dehidrasi dan kering.

Tapi selain moisturizer, kini ada produk kecantikan lain yang bisa menjaga melembapkan wajah yaitu krim pelembap dikombinasikan dengan kapsul vitamin E. Trik ini dibagikan oleh wanita bernama Mireya Rios. Melalui akun TikToknya @mireyarios, menjelaskan kombinasi krim pelembap dan kapsul vitamin E berguna menghidrasi dan lembap, juga ampuh mencerahkan.

"Trik perawatan kulit terjangkau!!!" Keterangan dalam unggahan video @mireyarios, Selasa (28/5).

Selain itu, manfaat dari krim pelembap sendiri mampu melindungi, memelihara, dan baik untuk kulit kering dan pecah-pecah. Kaya dengan berbagai nutrisi membuat krim pelembap ini mampu mengatasi iritasi pada kulit. Bahkan bisa merelaksasi kulit dengan kandungan alami berupa bergamot dan jeruk.

foto: TikTok/@mireyarios

Sementara itu, kapsul vitamin E adalah emolien yang sangat baik, artinya mampu mengunci kelembapan di dalam kulit. Tak heran jika kapsul vitamin E ampuh menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah kekeringan.

"Aku akan mengoleskan ke setengah wajah ku. Maksud ku ada perbedaan yang jelas," ujarnya.

Melansir dadri vogue.in, antioksidan dalam kapsul vitamin E diklaim bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kekeringan. Kapsul vitamin E juga membantu memperkuat lapisan pelindung kulit, sehingga mencegah kehilangan air transepidermal. Meskipun vitamin E tidak bisa menggantikan tabir surya, kandungan antioksidannya dapat membantu mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Setelah mengetahui manfaat dari kedua produk, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Ambil krim pelembap secukupnya
2. Tuangkan pada telapak tangan
3. Tuangkan satu kapsul vitamin E
4. Aduk hingga semua bahan tercampur
5. Aplikasikan pada wajah secara merata sedikit demi sedikit
6. Tunggu hingga meresap dan tak perlu dibilas.

Bahan makanan yang bisa lembapkan wajah dehidrasi.

Cara melembapkan wajah dehidrasi tidak hanya kamu dapatkan dari trik perawatan ataupun produk skincare. Tapi kamu bisa melembapkan wajah dehidrasi dari dalam dengan mengonsumsi sejumlah makanan. Ada beberapa bahan makanan yang bisa bikin kulit wajah jadi lembap.

Pertama ada semangka dengan kandungan air sebanyak 92%, sehingga efektif menghidrasi tubuh dan kulit. Semangka kaya akan vitamin A, C, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit.

Bahan makanan kedua yaitu ada mentimun terdiri dari sekitar 95% air, menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk hidrasi. Adanya silika dalam mentimun membantu memperbaiki kulit dan menjaga elastisitasnya.

Ketiga yaitu ada jeruk dengan kandungan vitamin C yang bisa jaga kelembapan kulit. Adanya kandungan antioksidan dalam jeruk mampu melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Kemudian yang keempat yaitu strawberry dengan kandungan air sebanyak 91%. Selain air, strawberry punya kandungan vitamin C dan antioksidan yang bisa menyehatkan kulit dan menghidrasi.