Bukan cuma nggak higienis, ini 3 alasan tak disarankan memindah sunscreen ke wadah lain menurut ahli

31 / 05 / 2024 22:20 WIB

Brilio.net - Untuk yang punya mobilitas tinggi dan sering berpindah-pindah tempat, pasti memiliki barang-barang wajib yang selalu ada di tas. Salah satu barang yang tidak ketinggalan adalah skincare dan makeup. Membawa produk kecantikan saat berpergiaan bisa dibilang merepotkan, apalagi kalau kemasannya berukuran besar.

Selain menambah beban bawaan, produk-produk yang berukuran besar tersebut juga memakan banyak tempat. Untuk mengakali hal tersebut, banyak orang yang memilih memindahkan skincare pada jar yang lebih kecil. Salah satu produk skincare yang sering dibawa dan dipindahkan adalah sunscreen.

Tak hanya itu, terkadang ada orang yang menyetok sunscreen dalam jumlah banyak. Hal ini mungkin dilakukan agar tidak kehabisan produk saat dibutuhkan. Namun ternyata, kebiasaan tersebut menimbulkan pro dan kontra di media sosial TikTok.

foto: TikTok/@hungryforskincare

Dalam unggahan akun beauty enthusiast yaitu @hungryforskincare ia baru saja mengomentari sebuah unggahan video yang menampilkan seorang wanita memasukkan produk sunscreen ke dalam botol bening. Melihat konten tersebut, akun @hungryforskincare memberikan edukasi bahwa yang dilakukan wanita itu tak benar.

foto: TikTok/@hungryforskincare

"Kalau pindahain produk skincare ke packaging baru itu nggak direkomendasiin banget," ujar akun @hungryforskincare dikutip briliobeauty.net, Jumat (31/5).

Pria pemilik akun @hungryforskincare memaparkan beberapa alasan kenapa sunscreen nggak boleh dipindahkan ke tempat lain, berdasarkan penjelasan dari kanal YouTube @LabMuffinBeautyScience. Bukan sembarangan, pemilik kanal YouTube @LabMuffinBeautyScience merupakan science educator dan cosmetic chemist di Sydney, Australia.

foto: TikTok/@hungryforskincare

Berdasarkan penjelasan kanal YouTube @LabMuffinBeautyScience, alasan pertama karena wadah baru berisiko terkena debu dan serpihan meski sudah dibesihkan. Tak cuma itu, tempat baru juga berisiko mengandung spora atau jamur yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Alasan kedua yaitu wadah sunscreen asli sudah diformulasikan untuk berbagai bahan kandungan yang ada di dalamnya. Nah, kandungan dalam wadah kaca atau plastik tersebutlah dapat memengaruhi cara kerja sunscreen.

"Bahan tabir surya meresap ke dalam plastik tabir, maka tabir surya tidak akan berfungsi denga baik," ujarnya.

Alasan yang ketiga tekstur sunscreen bisa berubah. Jadi nggak cuma memengaruhi bahan kandungan, tekstur cair pada sunscreen juga bisa mengeras karena formulasi sunscreen dipengaruhi oleh packagingnya.

Cara menggunakan sunscreen yang benar

Sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang diandalkan untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Tak hanya memberikan perlindungan, sunscreen juga ampuh mencegah penuaan dan bikin wajah jadi lebih cerah. Nah, semua manfaat tersebut bisa kamu dapatkan jika menggunakan sunscreen dengan benar. Berikut ini beberapa tips memakai sunscreen agar kamu dapat manfaatnya:

1. Gunakan sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan
2. Pilihlah sunscreen dengan SPF tinggi saat di luar ruangan
3. Gunakan sesudah moisturizer
4. Ulangi penggunaan sunscreen setiap dua jam sekali
5. Gunakan secukupnya yaitu dua ruas jari.