Bukan dengan beras, ini trik menghilangkan kerutan di wajah hanya pakai 4 jenis biji-bijian

12 Agustus 2023 09:00 WIB

Brilio.net - Berkurangnya kadar kolagen dan elastin di dalam tubuh menyebabkan perubahan pada tekstur kulit. Kondisi ini menyebabkan adanya kerutan di beberapa area wajah, seperti dahi, area mata, dan mulut. Perubahan ini terjadi ketika usia semakin bertambah, kulit kehilangan elastisitas dan menjadikannya rentan terhadap tanda-tanda penuaan.

Faktor utama penyebab terjadinya kerutan di area wajah, bukan hanya karena penurunan kadar kolagen dan elastin. Namun berkurangnya asam hyaluronic di kulit seiring bertambahnya usia, dapat memperlambat proses regenerasi sel dan memperparah tampilan garis halus dan kerutan.

Agar kerutan dapat diatasi secara perlahan, kamu dapat melakukan perawatan rutin. Salah satunya menggunakan masker. Untuk ini kamu bisa lho membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Dalam artikel ini bahan yang digunakan berasal dari empat jenis biji-bijian yaitu pumpkin, flaxseeds, sesame, dan poppy seed. Keempat jenis biji-bijian ini memiliki manfaat dan kandungannya masing-masing.

Pumpkin seed (biji labu) ini memiliki kandungan berupa zinc, magnesium, omega-3 asam lemak, vitamin E, dan betakaroten. Semua kandungan tersebut bisa melembutkan, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan. Sementara itu, kandungan antioksidan di dalam biji labu ini mampu melindungi kulit dari kerusakan.

Lalu, biji rami atau flax seeds ini mengandung serat, omega-3 asam lemak, dan antioksidan. Semua kandungan tersebut berguna melembapkan, mengurangi kerutan, dan mencegah penuaan dini. Sementara itu, biji wijen atau sesame ini mengandung kalsium, magnesium, vitamin E, dan asam lemak. Adanya kandungan tersebut membuat biji wijen ini mampu melembapkan dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Terakhir ada poppy seed yang mengandung mineral yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang sel kulit baru. Tak hanya itu, poppy seed ini juga dapat membersihkan komedo dan jerawat, lantaran memiliki partikel kecil.

Hanya dengan menggunakan empat jenis biji-bijian, kulit keriput di wajah dapat tersamarkan dengan baik. Lantas bagaimana cara membuat masker dari bahan-bahan tersebut? Yuk, simak tutorial di bawah ini.

Bahan-bahan:

trik menghilangkan kerutan di wajah
YouTube/wowemiruchulu

1. 2 sendok makan pumpkin seed
2. 2 sendok makan flaxseeds
3. 2 sendok makan sesame seeds
4. 1 sendok makan poppy seeds
5. 2 sendok makan almonds
6. 1 cup foxnuts
7. Gula batu.

Cara membuat:

trik menghilangkan kerutan di wajah
YouTube/wowemiruchulu

1. Panaskan teflon terlebih dahulu
2. Masukkan pumpkin seed ke dalam teflon
3. Tambahkan dengan flaxseeds
4. Aduk-aduk semua bahan tersebut
5. Tuangkan sesame dan poppy seeds
6. Lalu, sangrai semua bahan tersebut kurang lebih tiga hingga empat menit
7. Sangrai kacang almonds dan fox nuts
8. Dinginkan dan campur dengan bahan sebelumnya
9. Haluskan semua bahan dengan menggunakan blender
10. Simpan bahan tersebut ke dalam botol kaca yang sudah dibersihkan.

Cara menggunakannya:

trik menghilangkan kerutan di wajah
YouTube/wowemiruchulu

1. Pastikan terlebih dahulu wajah dan leher dalam kondisi bersih
2. Tuangkan bubuk masker tersebut secukupnya pada wadah
3. Tambahkan air secukupnya
4. Aduk hingga semua bahan tercampur rata
5. Aplikasikan pada wajah dan leher
6. Diamkan kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air biasa.

(brl/ola)