Bukan dengan garam, ini cara menghaluskan tekstur kulit akibat pori-pori besar pakai 1 jenis lalapan

25 Agustus 2023 23:00 WIB

Brilio.net - Pori-pori wajah yang membesar mengakibatkan produksi minyak berlebihan, penumpukan kotoran, dan elastisitas kulit menjadi berkurang. Bahkan pori-pori besar bisa membuat kulit tampak kasar, bertekstur dan tak halus.

Untuk menghaluskan tekstur kulit ini kamu harus melakukan perawatan secara rutin. Mulailah dengan membersihkan wajah dengan rajin. Gunakan pembersih wajah dengan tekstur lembut dan sesuai dengan jenis kulit. Hindari penggunaan face wash dengan bahan kandungan keras. Pasalnya, hal tersebut dapat memicu kulit iritasi.

Treatment kedua yang bisa gunakan adalah melakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Langkah ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Untuk melakukan treatment tersebut, kamu bisa memakai face scrub yang terbuat dari bahan alami.

Biasanya bahan alami yang sering digunakan adalah garam. Bumbu dapur ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Tidak hanya itu, sebagai eksfoliator alami, garam mampu menghaluskan kulit, membersihkan pori-pori, dan mencerahkan.

Tak hanya menggunakan garam, kamu juga bisa memanfaatkan satu jenis lalapan yaitu mentimun. Sayuran ini mengandung banyak air yang bisa menyejukkan dan meredakan iritasi. Di sisi lain, kandungan tersebut bisa membantu mengontrol minyak, menghaluskan, dan mengecilkan pori-pori.

Tertarik untuk menggunakan bahan lalapan untuk menghaluskan kulit bertekstur akibat pori-pori membesar? Berikut ini cara membuat dan mengaplikasikan yang bisa kamu ikuti.

foto: YouTube/@BlueberryStories

Bahan-bahan:

1. 1 buah mentimun
2. 1 lembar tisu
3. 2 buah kapas.

foto: YouTube/@BlueberryStories

Cara membuat:

1. Cuci hingga bersih mentimun tersebut
2. Parut mentimun tersebut
3. Siapkan tisu bersih di atas mangkuk
4. Tuangkan parutan mentimun tersebut ke dalam mangkuk
5. Lalu, peras hingga keluar air mentimun.

foto: YouTube/@BlueberryStories

Cara menggunakannya:

1. Bersihkan area wajah dan leher terlebih dahulu
2. Celupkan kapas bersih ke dalam air mentimun
3. Usapkan secara perlahan pada wajah dan leher
4. Biarkan kurang lebih 15 menit
5. Bilas dengan air bersih.

(brl/wen)