Bukan dengan kopi dan kunyit, begini trik memutihkan lutut dan siku hitam pakai 1 jenis minuman

1 November 2023 06:45 WIB

Brilio.net - Bagian tubuh yang rentan mengalami pigmentasi adalah lutut dan siku. Kedua bagian tubuh ini memang rentan menghitam dibandingkan bagian tubuh lainnya. Lutut dan siku hitam tentu dapat mengganggu penampilan. Terlebih, bagi kamu yang ingin menggunakan pakaian terbuka pada kedua area tubuh tersebut.

Lutut dan siku memiliki lapisan kulit yang lebih tebal dibandingkan bagian tubuh lainnya. Sehingga hal inilah yang menyebabkan kulit bagian lutut dan siku mudah berubah warna menjadi hitam.

Di dalam kulit mengandung melanin, sehingga makin tebal lapisan, artinya makin banyak melanin (pigmen kulit) yang membuat kulit tampak lebih kusam atau hitam. Hal ini juga dapat dikarenakan menumpuknya sel kulit mati, seringnya terkena gesekan, hingga faktor genetik.

Siku dan lutut yang menghitam pasti akan sangat mengganggu penampilan. Meski begitu, tidak perlu khawatir, kamu bisa memutihkannya kembali dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tak sedikit orang yang memanfaatkan kopi dan kunyit untuk memutihkan area lutut dan siku yang menghitam. Namun, ada bahan lain yang tak kalah ampuh untuk mengatasi masalah ini.

Salah satunya seperti video dari akun TikTok @prettywithlee yang diunggah pada 14 April 2020. Dalam unggahan tersebut, pemilik akun membagikan trik memutihkan lutut dan siku hitam pakai 1 jenis minuman. Minuman yang dimaksud adalah susu. Tak hanya itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu baking soda.

"Baking soda & milk to lighten your elbows & knees (Soda kue & susu untuk mencerahkan siku & lutut kamu)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @prettywithlee, Rabu (1/11).

foto: freepik.com

Sebagai minuman yang sehat dan tinggi kalsium, ternyata susu juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Salah satunya adalah untuk memutihkan lutut dan siku. Ini karena susu mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat.

Kandungan asam laktat pada susu juga diyakini memiliki manfaat untuk memutihkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Inilah mengapa ada banyak produk pemutih kulit yang menggunakan asam laktat atau susu sebagai agen pencerahnya. Asam laktat memang dapat mengelupas lapisan kulit mati yang menjadi penyebab kulit kusam.

Baking soda juga merupakan salah satu bahan pemutih kulit yang kerap kali digunakan oleh kebanyakan orang. Tak terkecuali untuk memutihkan lutut dan siku. Hal ini karena baking soda memiliki pH 9. Angka tersebut menunjukkan bahwa bahan ini termasuk ke dalam golongan basa. Dengan ciri-ciri tersebut, baking soda memiliki khasiat untuk beberapa tujuan kecantikan, salah satunya adalah sebagai eksfoliator alami.

foto: TikTok/@prettywithlee

Setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang akan digunakan, kini saatnya kamu menyimak cara membuat scrub pemutih lutut dan siku. Jika digunakan secara rutin, scrub ini akan membantu kulit area siku dan lutut agar kembali cerah merata.

Bahan:

1. Susu cair secukupnya
2. 1-2 sendok makan baking soda

foto: TikTok/@prettywithlee

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah.
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan bertekstur seperti pasta.
3. Aplikasikan pada lutut dan siku secara menyeluruh.
4. Gosok-gosok dengan lembut kemudian diamkan sampai kering.
5. Bilas menggunakan handuk hangat dan lanjutkan dengan air hingga bersih.
6. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap atau body lotion andalanmu.
7. Gunakan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

(brl/jad)