Bukan dengan kopi, ini trik bersihkan pori-pori wajah agar tak timbul komedo pakai 1 jenis minuman

3 Agustus 2023 21:10 WIB

Brilio.net - Menjaga kebersihan wajah secara teratur adalah kewajiban yang dilakukan oleh semua orang. Hal ini agar pori-pori wajah tidak tersumbat oleh kotoran, sebum, dan sel kulit mati. Jika pori-pori wajah kotor bisa menimbulkan sejumlah permasalahan kulit, salah satunya adalah komedo. Perlu kamu ketahui, jika tidak kunjung diatasi masalah ini bisa menyebabkan peradangan dan kulit yang tampak kusam.

Untuk itu, pastikan selalu menjaga kebersihan pori-pori dengan baik. Cara untuk membersihkan pori-pori cukup mudah dan simpel yaitu rutin membersihkan wajah. Kamu disarankan untuk membersihkan wajah menggunakan facial wash dan cleansing kurang lebih dua kali dalam sehari. Gunakan pembersih wajah bertekstur lembut dan sesuaikan kandungan dengan kebutuhan kulit.

Untuk kandungan, kamu bisa menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat. Kandungan tersebut dapat membuka pori-pori dan membersihkan berbagai kotoran yang menyumbat. Selain itu, bahan kandungan tersebut bisa mengatasi peradangan dan mencegah timbulnya jerawat.

Selain rutin membersihkan wajah dengan facial wash, kamu bisa melakukan perawatan secara rutin. Salah satunya adalah treatment eksfoliasi yang bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa memanfaatkan bahan alami seperti kopi untuk mengeksfoliasi wajah.

Bahan minuman satu ini memang dikenal berguna sebagai eksfoliasi alami. Kandungan antioksidan dan kafein dalam kopi bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengatasi pembengkakan pada wajah. Tak hanya itu, kopi juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak cerah.

Selain menggunakan kopi, kamu bisa menggunakan milk cream atau krim susu yang bisa mengangkat sel kulit mati dan menjaga kelembapan. Hal ini lantaran bahan kandungan asam laktat di dalam krim susu.

Bahan lain yang digunakan dalam scrub ini adalah tepung gram yang mengandung sifat antiinflamasi. Kandungan tersebut membantu mengurangi peradangan dan mengangkat sebum pada permukaan kulit. Lalu, tambahan bahan berupa tepung beras berguna sebagai eksfolian alami yang membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Tepung beras juga bisa membantu meratakan warna kulit dan mengurangi tampilan noda hitam.

Di sisi lain, adanya kunyit dalam scrub ini mampu membantu membersihkan kulit dari bakteri, mencerahkan, dan mengatasi peradangan. Hal ini lantaran kunyit mengandung antiseptik dan antiinflamasi.

Itulah manfaat dari masing-masing bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat scrub dari satu jenis minuman tersebut? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube smbeast studio 2305, seperti dilansir briliobeauty.net, Kamis (3/8).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/smbeautystudio2305

1. 1 sendok makan tepung gram
2. 1 sendok makan tepung beras
3. 1/2 makan bubuk kunyit
4. 2 sendok makan curd atau milk cream.

Cara membuat:

foto: YouTube/smbeautystudio2305

1. Masukkan tepung gram.
2. Campurkan dengan tepung beras dan bubuk kunyit.
3. Tuangkan milk cream ke wadah.
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara menggunakannya:

foto: YouTube/smbeautystudio2305

1. Bersihkan wajah menggunakan cleansing.
2. OIeskan scrub tersebut pada wajah secara merata.
3. Diamkan kurang lebih 10 hingga 15 menit.
4. Bilas menggunakan air bersih dan facial wash.
5. Keringkan wajah menggunakan handuk dan tisu bersih.
6. Aplikasikan masker ini kurang lebih 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

(brl/jad)