Bukan dengan kopi, ini trik cerahkan flek hitam akibat penggunaan produk skincare pakai 2 bahan alami

6 Agustus 2023 11:10 WIB

Brilio.net - Flek hitam di wajah tidak hanya disebabkan proses penuaan dini saja. Melainkan juga bisa timbul karena penggunaan produk kecantikan, baik makeup ataupun skincare yang tidak cocok dengan jenis kulit. Selain menimbulkan flek hitam, penggunaan produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit juga akan menyebabkan iritasi dan peradangan.

Perlu kamu ketahui, produk kecantikan mengandung bahan-bahan kimia, seperti asam salisilat, alpha hydroxy acids (AHA), beta hydroxy acids (BHA), dan retinol yang bisa mencerahkan wajah. Namun dibalik semua kandungan tersebut jika tidak digunakan sesuai dengan kebutuhan bisa menyebabkan kulit iritasi, gatal, dan menjadi kemerahan. Bahkan jika kondisi ini tidak segera diatasi, dapat menyebabkan flek hitam.

Jika kamu melakukan eksfoliasi secara berlebihan juga bisa memicu muncul flek hitam. Pasalnya, kulit kehilangan lapisan pelindung, sehingga membuat kulit iritasi dan meningkatkan produksi melanin.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya kopi. Bubuk kopi mengandung vitamin B2, vitamin B5, dan magnesium yang bisa mengatasi flek hitam dan kerutan.

Namun kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami lainnya, seperti kunyit dan tomat. Bubuk kunyit mengandung senyawa kurkumin yang bisa mencerahkan kulit secara alami. Kandungan tersebut juga bisa menghambat produksi melanin berlebihan. Lalu, kandungan antioksidan di dalam bahan rempah ini mampu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit.

Tomat mengandung vitamin C. Kandungan tersebut mampu mencerahkan dan menghambat produksi melanin yang berlebihan. Di sisi lain, kandungan beta karoten dan likopen bisa meredakan peradangan dan mengurangi penampilan flek hitam. Bahkan jika digunakan secara rutin bisa melindungi kulit dari radikal bebas.

Lantas bagaimana cara menggunakan kedua bahan tersebut? Yuk, simak langkah-langkah di bawah ini.

Bahan-bahan:

trik cerahkan flek hitam
YouTube/secretofnaturalbeauty1

1. Bubuk kunyit
2. 1/2 buah tomat.

Cara membuat:

trik cerahkan flek hitam
YouTube/secretofnaturalbeauty1

1. Cuci terlebih dahulu buah tomat tersebut
2. Potong menjadi dua bagian
3. Taburkan 1/2 sendok makan bubuk kunyit ke permukaan buah tomat, secara merata
4. Aplikasikan pada wajah dan leher

Cara mengaplikasikannya:

trik cerahkan flek hitam
YouTube/secretofnaturalbeauty1

1. Bersihkan terlebih dahulu wajah dan leher
2. Lalu, usapkan dan gosok secara lembut kurang lebih dua menit
3. Diamkan kurang lebih 15 hingga 20 menit
4. Bilas dengan menggunakan air biasa.

(brl/ola)