Bukan dengan madu, ini trik kecilkan pori-pori agar kulit tak terasa kasar pakai 2 jenis minuman

14 September 2023 22:10 WIB

Brilio.net - Setiap bagian tubuh manusia, termasuk di bagian wajah, memiliki sejenis lubang pernapasan kulit yang disebut pori-pori. Pori-pori bekerja sebagai bagian dari sistem kelenjar minyak dan keringat yang berfungsi mengeluarkan sebum dan keringat dari tubuh. Pada kulit normal yang sehat, lubang pada pori-pori umumnya akan terlihat kecil dan samar. Hal inilah yang membuat kulit dengan kondisi pori-pori tersebut terkesan begitu mulus dan sehat.

Meskipun begitu, nyatanya ada banyak orang yang secara konstan memiliki kondisi rongga pori-pori yang besar, terutama mereka yang memiliki tipe kulit berminyak. Hal ini dikarenakan produksi minyak kulit alias sebum akan membuat rongga pori-pori terbuka lebih lebar dari biasanya. Dalam prosesnya, baik itu kotoran, sel kulit mati, dan bakteri pada kulit akan menempel dan terperangkap di area pori-pori tersebut sehingga membuatnya tersumbat. Akibatnya, penyumbatan ini akan berujung pada masalah komedo, jerawat, hingga tekstur kulit yang menjadi kasar.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Selain kini bisa mendapatkan berbagai produk skincare yang dikhususkan untuk mengatasi masalah ini, kamu juga bisa lho mengandalkan manfaat yang dikandung bahan alami sebagai solusi alternatif.

Jika biasanya banyak orang memanfaatkan madu, ternyata ada bahan alami lain yang tak kalah ampuh. Salah satunya seperti memanfaatkan campuran teh hijau, susu, dan tepung terigu sebagaimana dicontohkan pemilik akun Instagram @ravleenbaggaofficial yang dilansir briliobeauty.net pada Kamis (14/9).

foto: freepik.com

Teh hijau telah dikenal sejak lama karena kandungan antioksidan yang tinggi dan manfaatnya bagi kesehatan kulit. Kandungan polifenol sebagai senyawa antioksidan alami membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, teh hijau juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengatasi peradangan yang bisa memicu pori-pori menjadi lebih besar dan tersumbat. Plus, kemampuan teh hijau untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya sumbatan pada pori-pori.

foto: freepik.com

Susu mengandung asam laktat dalam jumlah tinggi sebagai jenis asam alami yang lembut dan efektif dalam membersihkan pori-pori. Asam laktat bekerja sebagai agen eksfolian yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Hal ini membuat susu dapat membantu merapatkan kembali ukuran pori-pori sekaligus menghaluskan tekstur kulit wajah.

foto: freepik.com

Tepung terigu bisa berfungsi sebagai eksfoliator alami yang bisa membantu mengangkat kotoran berlebih di wajah. Tepung terigu juga kaya akan komponen protein bernama gluten yang dapat membantu mengencangkan dan merapatkan pori-pori kulit. Selain itu, tepung terigu juga mengandung banyak senyawa vitamin E yang merupakan antioksidan efektif untuk memerangi kerusakan kulit dan mempertahankan kelembapannya.

Nah, ketiga bahan di atas bisa kamu gunakan dengan mengikuti langkah sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh tepung terigu
2. 1 bungkus teh hijau
3. 1/2 cangkir kecil susu murni
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@ravleenbaggaofficial

1. Masukkan 1 sendok teh tepung terigu dalam sebuah wadah kecil.
2. Robek 1 bungkus teh hijau dan campurkan isinya bersama tepung terigu tadi.
3. Tambahkan pula 1/2 cangkir kecil susu murni.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
5. Oleskan campuran tersebut secara merata ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
6. Diamkan selama lebih kurang 15 menit.
7. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih.
8. Gunakan secara rutin minimal 1 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/jad)