Bukan dengan madu, ini trik kencangkan kerutan dan wajah kendur cuma pakai 2 bahan dapur

15 / 05 / 2024 13:11 WIB

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, kulit juga ikut mengalami penuaan. Kondisi ini ditandai dengan munculnya keriput, kulit mengendur, kerutan di kulit, garis halus, dan lain sebagainya. Perubahan ini tentunya membuat sebagian orang resah, pasalnya tak sedikit orang ingin mempertahankan kecantikannya meski usianya terus bertambah.

Umumnya, menurunnya kekencangan kulit disebabkan oleh kandungan kolagen dan minyak alami kulit yang berkurang. Semakin tua usia, lemak di wajah akan semakin berkurang dan menipis, sehingga jaringan lemak yang tersebar di berbagai area wajah, seperti pipi, pelipis, dahi, bibir, termasuk di leher menjadi kendur.

Pasalnya, kolagen dan elastin akan secara alami mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Karena itulah, kulit jadi mudah mengendur dan regenerasi kulit juga ikut melambat.

Selain proses penuaan, kulit kendur juga bisa dialami orang dengan berat badan berlebih dan kemudian menjalani diet. Perubahan itu akan terlihat di beberapa area tubuh terutama leher, lengan, perut, dan paha.

Proses ini memang tidak dapat dihindari, namun bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya lho. Beberapa orang akan menjaga kekencangan kulitnya dengan menggunakan produk perawatan kulit atau skincare, tindakan medis, hingga bahan-bahan alami.

Salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi masalah penuaan kulit wajah adalah madu. Bukan tanpa alasan, pasalnya madu mengandung antioksidan dan vitamin E yang ampuh menjaga kekencangan kulit. Meski begitu, ternyata ada bahan alami lain yang tak kalah efektif untuk mengencangkan kulit selain madu lho.

Nah, bahan-bahan tersebut bisa kamu lihat dari unggahan seorang pengguna TikTok dengan nama akun @naturalremedioss. Melalui videonya tersebut, pemilik akun menggunakan 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah tomat dan gula pasir.

foto: TikTok/@naturalremedioss

Kandungan tomat untuk mengecangkan kerutan dan wajah kendur.

Selain untuk kesehatan, tomat juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium pada tomat dapat mencerahkan wajah, menghilangkan noda membandel, mengatasi jerawat, dan mengatasi berbagai permasalahan kulit yang berhubungan dengan penuaan.

Sementara itu, menurut jurnal Annual Review of Food Science and Technology, kandungan likopen dalam tomat dapat membantu mencegah perubahan warna kulit, perubahan tekstur, dan garis-garis halus serta kerutan. Vitamin B dalam tomat juga diketahui berperan dalam perbaikan sel kulit dan mencegah penurunan kadar kolagen.

Manfaat gula pasir untuk mengurangi tampilan kerutan dan mengendurnya wajah.

Ternyata gula pasir juga memiliki manfaat untuk mengurangi tampilan garis halus, kerutan, dan kulit wajah yang mengendur. Ini berkat kandungan asam glikolat pada gula pasir yang berperan sebagai eksfoliator kulit. Tak hanya itu saja, bahan pemanis ini juga dapat memicu regenerasi sel-sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen.

Mengandalkan dua bahan dapur tersebut, kamu bisa membuat scrub wajah yang diklaim mampu mengencangkan kerutan dan wajah kendur. Bahkan kamu juga akan mendapatkan wajah yang cerah dan glowing alami. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @naturalremedioss, Rabu (15/5).

foto: TikTok/@naturalremedioss

Bahan:

- 1 buah tomat
- Gula pasir secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci tomat sampai bersih
2. Belah tomat menjadi 2 bagian
3. Celupkan tomat pada gula pasir
4. Cuci wajah terlebih dahulu dari kotoran dan sisa makeup yang masih menempel
5. Keringkan wajah
6. Gosokkan scrub tomat dan gula pasir pada wajah secara menyeluruh dengan gerakan memutar
7. Lakukan selama 2-3 menit lalu diamkan 5 atau 10 menit
8. Bilas menggunakan air sampai bersih
9. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah kencang dan awet muda.

foto: TikTok/@naturalremedioss