Bukan dengan nose strip, TikToker ini bagikan cara hempas komedo di wajah pakai 1 jenis buah

3 Mei 2024 12:10 WIB

Brilio.net - Komedo di wajah adalah hal yang cukup meresahkan bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak, kondisi ini akan membuat wajah tampak kusam, memiliki warna yang tidak merata, dan teksturnya kasar. Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit dan seringnya terjadi di hidung, dagu, serta area kulit sekitarnya yang rentan berminyak.

Kondisi ini disebabkan karena penyumbatan pada pori-pori atau folikel rambut. Sumbatan tersebut berasal dari berbagai kotoran seperti penumpukan minyak atau sebum yang berlebih, bakteri, sel kulit mati, sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal, stres, hormon, hingga penggunaan skincare dan makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Selain menyebabkan wajah terasa kasar dan kusam, komedo yang terus di biarkan juga akan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Nah, bakteri inilah yang akan menjadi pemicu munculnya jerawat meradang. Oleh karena itu, kamu perlu mengatasi komedo untuk menghindari berbagai masalah kulit wajah yang lainnya.

Untuk mengatasinya banyak orang yang menggunakan nose strip atau perawatan facial di klinik kecantikan. Namun untuk melakukannya, kamu perlu merogoh kocek dalam-dalam. Padahal kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menghempas komedo di wajah lho.

Seperti halnya unggahan dari seorang TikToker melalui akun pribadinya @letzz_diy yang justru memakai 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah perasan lemon. Ia juga menambahkan yoghurt.

foto: TikTok/@letzz_diy

Kandungan lemon untuk menghilangkan komedo di wajah.

Lemon dikenal sebagai salah satu buah yang tinggi akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin tersebut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah komedo di area wajah. Asam sitrat di dalam lemon akan berfungsi mengecilkan dan membersihkan pori-pori penyebab munculnya komedo. Buah ini juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri akibat kotoran di pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat.

Manfaat yoghurt untuk hempas komedo penyebab jerawat.

Yoghurt kaya akan kandungan asam laktat, protein, vitamin B, kalsium, dan probiotik, sehingga bisa memiliki sifat astringen yang secara aktif dapat membantu mengecilkan pori-pori besar pada kulit wajah. Ini berkat kandungan asam laktat dalam yogurt yang memiliki sifat sebagai eksfolian alami, sehingga dapat membantu mengangkat kotoran dari kulit secara efektif. Asam laktat inilah yang ampuh mengatasi komedo penyebab munculnya jerawat di wajah.

Mengandalkan dua bahan tersebut, kamu bisa membuat masker yang dipercaya efektif untuk menghempas komedo membandel yang ada di area wajah. Penggunaan yang teratur juga akan membuat wajah tampak lebih cerah merata. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @letzz_diy, Jumat (3/5).

foto: TikTok/@letzz_diy

Bahan:

- 1 sendok makan perasan lemon
- 2 sendok makan yoghurt plain

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup.
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh.

foto: TikTok/@letzz_diy

5. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang halus, cerah, dan bebas komedo.

(brl/jad)