Bukan dengan oatmeal, ini cara mudah atasi kulit wajah iritasi hanya pakai 1 jenis minuman

30 / 08 / 2023 14:10 WIB

Brilio.net - Kulit wajah yang mengalami iritasi bisa menjadi masalah utama bagi sejumlah orang. Pasalnya, kondisi kulit wajah tersebut tidak hanya mengganggu penampilan, melainkan membuat tidak nyaman.

Bukan tanpa sebab, kulit wajah iritasi ini biasanya menimbulkan sejumlah gejala. Mulai dari kemerahan, sensasi kulit terbakar, kering, bersisik, dan terjadi pembengkakan di area wajah.

Penyebab kulit iritasi ini datang dari berbagai faktor, seperti perubahan cuaca dan suhu, serta paparan sinar matahari. Namun dari beberapa faktor tersebut, terdapat faktor utama yang banyak dialami oleh sejumlah orang.

Faktor tersebut adalah penggunaan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia. Beberapa bahan yang dimaksud adalah pewangi, pewarna buatan, dan bahan pengawet tertentu.

Sudah pasti, kulit wajah iritasi ini cukup mengganggu aktivitas harian kamu. Solusinya untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu harus melakukan perawatan secara rutin. Kamu bisa menggunakan produk skincare dengan bahan-bahan yang lembut.

Selain itu, hindari produk yang membuat wajah iritasi. Lalu, gunakan pelembap yang cocok dengan kulit dan kompres dengan air dingin.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengatasi iritasi pada kulit dengan menggunakan essence. Untuk mendapatkan produk kecantikan ini kamu tak perlu membelinya.

Kamu bisa lho membuat essence sendiri dari bahan-bahan alami. Nah, biasanya bahan utama yang kerap kali digunakan adalah oatmeal.

Bahan makanan ini mengandung sifat pelembap yang dapat mengatasi kulit kering. Adanya sifat antiinflamasi membantu mengatasi kulit iritasi dan menenangkan gatal.

Selain menggunakan oatmeal, kamu juga memanfaatkan satu jenis minuman yaitu teh hijau atau green tea. Bahan minuman ini mengandung antioksidan tinggi, terutama epigallocatechin gallate (EGCG).

Kandungan tersebut dapat melawan radikal bebas. Sifat antiinflamasinya bisa meredakan peradangan dan kemerahan. Sementara itu, kandungan katekin ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Untuk mendapatkan teh hijau kamu bisa membelinya lewat e-commerce. Cek harga termurahnya di bawah ini.

 

Nah, tertarik untuk menggunakan essence dari bahan tersebut? Yuk, simak langkah-langkah yang dibagikan oleh pengguna YouTube 8thDayBeauty, Rabu (30/8).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/8thDayBeauty

1. 1 bungkus teh hijau
2. Air panas.

Cara membuat:

foto: YouTube/8thDayBeauty

1. Masukkan teh hijau ke dalam wadah
2. Tuangkan air panas secukupnya ke dalam wadah tersebut
3. Tunggu hingga teh berubah warna
4. Ambil kantong teh hijau tersebut
5. Tuangkan rendaman air teh tersebut ke botol spray
6. Tutup dengan rapat dan simpan di tempat kering.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/8thDayBeauty

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu
2. Kocok essence tersebut sebelum diaplikasikan
3. Semprotkan ke seluruh wajah
4. Biarkan hingga essence meresap
5. Lanjutkan dengan menggunakan rangkaian skincare, seperti serum
6. Diamkan hingga serum meresap
7. Semprotkan kembali essence tersebut
8. Aplikasikan night cream dan aplikasikan kembali essence tersebut.