Bukan dengan putih telur, ini cara hilangkan garis halus dan spot hitam pakai 1 jenis tumbuhan rempah

14 Agustus 2023 13:10 WIB

Brilio.net - Paparan sinar matahari berlebih dan menyentuh kulit secara langsung membuat proses penuaan menjadi lebih cepat. Akibatnya, tanda penuaan seperti garis halus dan spot atau bintik hitam mulai bermunculan di permukaan wajah. Pasalnya, sinar ultraviolet (UV) secara langsung dapat merangsang produksi melanin yang bisa mengakibatkan hiperpigmentasi atau meningkatkan pigmen warna kulit.

Selain paparan sinar matahari, polusi dan radikal bebas juga memengaruhi proses penuaan kulit. Polusi udara dan radikal bebas yang menempel pada kulit menyebabkan kerusakan, salah satunya adalah garis halus dan spot hitam. Secara tidak langsung kedua hal tersebut dapat merusak struktur kolagen dan merangsang enzim yang dapat menghancurkan elastin.

Untuk mencegah munculnya garis halus dan spot hitam, kamu harus rutin menggunakan tabir surya, terlebih lagi ketika melakukan kegiatan di luar ruangan. Namun bagaimana jika garis halus dan spot hitam sudah mulai muncul di wajah? Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perawatan dengan menggunakan krim yang berasal dari bahan alami. Nah, biasanya bahan yang digunakan adalah putih telur - memiliki kandungan albumin yang bisa mengencangkan, mengurangi tampilan garis halus, dan membersihkan wajah secara alami.

Namun kini tak hanya memakai putih telur, kamu bisa memanfaatkan bahan alami lainnya. Dalam artikel kali ini kamu hanya perlu menggunakan satu jenis tumbuhan rempah yaitu rosemary. Tanaman yang biasanya digunakan untuk bahan masakan ini mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Tak hanya itu, kemampuan rosemary untuk meningkatkan sirkulasi darah mampu memberikan nutrisi dan meregenerasi sel kulit yang rusak.

Bahan tambahan lainnya adalah mentimun dengan kandungan air yang bisa melembapkan. Lalu sifat antiinflamasi di dalam bahan ini bisa meredakan peradangan dan memudarkan garis halus. Kemudian bahan alami lainnya, shea butter menjadi pelembap alami yang dapat mengatasi kulit kering dan mencegah tanda penuaan dini.

Lantas bagaimana cara membuat krim dari bahan-bahan di atas? Untuk itu, kamu bisa mengikuti tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Grandma's Recipes, Senin (14/8).

Bahan-bahan:

cara hilangkan garis halus dan spot hitam
YouTube/Grandma's Recipes

1. 1 buah mentimun
2. Rosemary
3. 20g shea butter
4. Wax
5. Aloe vera gelas
6. 1 sendok makan gliserin

Cara membuat:

cara hilangkan garis halus dan spot hitam
berbagai sumber/berbagai sumber

foto: YouTube/Grandma's Recipes

1. Cuci bersih mentimun tersebut
2. Potong menjadi beberapa bagian
3. Siapakan rosemary secukupnya
4. Masukkan daun rosemary dan potongan mentimun ke dalam gelas blender
5. Haluskan bahan tersebut
6. Tuangkan ke dalam wadah sembari disaring
7. Pada tempat yang berbeda masukkan shea butter dan wax secukupnya
8. Siapkan panci berisi air, lalu masukkan gelas berisi bahan-bahan tersebut
9. Masak kurang lebih tiga menit
10. Jika sudah, angkat dan tuangkan pada wadah
11. Tambahkan satu sendok makan aloe vera gel
12. Campurkan dengan mentimun dan rosemary yang sudah diolah
13. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
14. Tuangkan gliserin dan beberapa tetes essential oil
15. Aduk kembali hingga tercampur rata
16. Simpan krim tersebut ke dalam jar skincare.

Cara menggunakannya:

cara hilangkan garis halus dan spot hitam
YouTube/Grandma's Recipes

1. Pastikan wajah dan leher dalam keadaan bersih
2. Oleskan krim tersebut pada wajah dan leher sebelum pergi tidur
3. Diamkan kurang lebih satu malam
4. Lalu, bilas di pagi hari.

(brl/ola)