Bukan dengan scrub kopi, begini trik kecilkan ukuran pori-pori wajah pakai 1 jenis bahan pemanis

23 Agustus 2023 09:10 WIB

Brilio.net - Perlu diketahui bahwa ukuran pori-pori di kulit umumnya dipengaruhi faktor genetik. Namun jenis kulit juga bisa mempengaruhi ukuran pori-pori wajah. Seperti halnya kulit berminyak, maka ukuran pori-pori akan terlihat lebih besar, dan ini merupakan proses alami. Pasalnya kelenjar sebasea yang terletak di dalam pori-pori aktif berproduksi.

Karena minyak yang diproduksi berlebih, maka pori-pori merenggang menjadi lebih besar untuk menampung produk minyak tersebut. Usia juga dapat berpengaruh pada ukuran pori-pori. Pada usia remaja, produksi hormon androgen yang meningkat memicu kelenjar sebasea untuk memproduksi minyak lebih banyak. Akibatnya, kulit wajah menjadi sangat berminyak, ukuran pori-pori membesar, serta komedo dan jerawat mudah muncul.

Faktor eksternal juga dapat membuat pori-pori wajah membesar. Paparan sinar UV dari matahari, polusi, dan asap rokok dapat merusak jaringan kolagen dan elastin, sehingga struktur kulit di pori-pori menjadi melemah. Kulit di mulut pori-pori pun mengendur sehingga pori-pori menjadi terlihat besar.

Jika terus diabaikan, pori-pori yang membesar dapat berakibat pada munculnya jerawat karena kotoran dan debu mudah terjebak di dalamnya. Bahkan saat mengenakan riasan, wajah jadi tampak kurang flawless. Sebagai solusinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami guna membantu mengecilkan ukuran pori-pori.

Bukan dengan scrub kopi, karena bagi sebagian orang, tekstur kopi cukup kasar dan menyebabkan iritasi. Ada bahan alami lain yang tak kalah efektif untuk mengecilkan ukuran pori wajah lho. Seperti halnya video dari akun TikTok @jessbonillabeauty pada 26 Mei 2022.

Video tersebut berisi tentang trik kecilkan ukuran pori-pori wajah pakai 1 jenis bahan pemanis, yaitu dengan memanfaatkan madu. Selain madu, dia juga menambahkan bahan lain yaitu putih telur dan lemon.

"Try this recipe for enlarged pores (Cobalah resep ini untuk pori-pori yang membesar)," katanya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @jessbonillabeauty, Selasa (22/8).

Kecilkan ukuran pori wajah pakai 1 jenis bahan pemanis
freepik.com

Madu dianggap salah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan beberapa produk kecantikan menggunakan madu sebagai bahan dasarnya. Madu bisa dijadikan sebagai eksfoliator untuk wajah. Madu akan membantu membersihkan pori-pori tersumbat minyak, sel kulit mati, debu, dan kotoran. Madu juga bisa membantu mengecilkan pori-pori dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Sedangkan putih telur, memiliki kandungan protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, kolin, fosfor, sodium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium, lutein dan zeaxanthin, folat dan lain sebagainya. Putih telur sangat terkenal manfaatnya, yang bisa membantu mengecilkan pori-pori di wajah.

Karena bahan alami ini bisa digunakan sebagai eksfoliator, yang mampu mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih, debu dan kotoran yang menyumbat di dalam pori-pori. Sehingga menyebabkan pori-pori tampak lebih besar.

Tak terkecuali dengan lemon, buah yang satu ini tak hanya dapat mencerahkan kulit, namun juga bisa kamu manfaatkan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini berkat kandungan asam sitrat didalamnya. Secara umum, asam sitrat berperan penting sebagai astringent alami yang dapat membantu memperkecil pori-pori dan mengontrol produksi minyak di kulit.

Kecilkan ukuran pori wajah pakai 1 jenis bahan pemanis
TikTok/@jessbonillabeauty

Cukup dengan ketiga bahan tersebut kamu dapat membuat masker wajah yang multifungsi. Selain mampu mengecilkan pori-pori wajah, masker ini juga mampu mencerahkan dan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 butir putih telur
2. 1 sendok makan madu
3. Sedikit air perasan lemon

Kecilkan ukuran pori wajah pakai 1 jenis bahan pemanis
TikTok/@jessbonillabeauty

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
5. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
6. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

(brl/ola)