Bukan dengan yoghurt dan kopi, ini cara mengatasi kulit kendur akibat penuaan hanya pakai 1 jenis daun

18 Agustus 2023 21:45 WIB

Brilio.net - Kulit kendur merupakan salah satu tanda penuaan yang wajar terjadi pada semua orang, terlebih lagi ketika memasuki usia senja. Meskipun begitu, semua orang pastinya ingin kulit wajahnya tetap kencang dan awet muda.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit kendur, namun umumnya kulit kendur timbul karena penurunan produksi kolagen dan elastin. Protein tersebut cukup penting bagi kulit, karena kolagen dan elastin berperan menjaga struktur dan kekencangan.

Berkurangnya kedua protein tersebut membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Dampaknya kulit menjadi kendur dan timbul garis halus. Tanda penuaan ini akan semakin terlihat, ketika kamu menjalankan gaya hidup yang tidak sehat seperti halnya merokok.

Untuk mengembalikan kekencangan kulit wajah, hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perawatan. Kamu bisa memakai treatment di rumah dengan memanfaatkan masker dari bahan-bahan alami. Biasanya, bahan yang sering digunakan adalah yoghurt dan kopi.

Yoghurt mengandung asam laktat, vitamin, dan mineral. Ketiga bahan kandungan tersebut mampu melembapkan dan mencerahkan. Sementara itu, adanya kandungan asam laktat di dalam bahan ini mampu mencerah dan mencegah penuaan dini. Sementara itu, bahan minuman seperti kopi menjadi bahan eksfoliasi alami yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang sirkulasi darah.

Selain menggunakan bahan-bahan tersebut, kamu juga bisa lho memakai masker dari bahan dasar lainnya. Dalam artikel ini kamu bisa memanfaatkan satu jenis daun yaitu neem. Daun yang memiliki nama lain azadirachta indica memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi, dan pembersihan. Semua kandungan tersebut dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Sementara itu, sifat antiinflamasi di dalam daun membantu meredakan peradangan.

Bahan tambahan seperti minyak kelapa atau coconut oil ini mengandung asam lemak yang bisa melembapkan. Lalu, vitamin E dan antioksidan ini dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan masker dari daun neem tersebut? Yuk, simak langkah-langkah yang dibagikan oleh pengguna YouTube food connection, Jumat (18/8).

Bahan-bahan:

cara mengatasi kulit kendur akibat penuaan
YouTube/food connection

1. Daun neem
2. 1 coconut oil.

Cara membuat:

cara mengatasi kulit kendur akibat penuaan
YouTube/food connection

1. Ambil daun neem secukupnya
2. Lalu, cuci hingga bersih daun neem tersebut
3. Masukkan daun neem tersebut ke dalam gelas blender
4. Tambahkan coconut oil
5. Haluskan semua bahan
6. Tuangkan campuran daun tersebut pada wajan
7. Masak kurang lebih empat hingga lima menit
8. Angkat dan tuangkan bahan tersebut ke botol kaca sembari disaring
9. Simpan air rebusan tersebut
10. Gunakan ampas dari daun neem untuk masker.

Cara mengaplikasikannya:

cara mengatasi kulit kendur akibat penuaan
YouTube/food connection

1. Bersihkan area wajah terlebih dahulu
2. Oleskan ampas daun neem tersebut ke seluruh permukaan wajah
3. Gosok-gosokkan daun tersebut secara perlahan
4. Bersihkan kulit dengan menggunakan air biasa dan keringkan dengan handuk bersih
5. Oleskan air daun neem ke kulit sebagai pelembap tanpa dibilas.

(brl/ola)