Bukan dikompres es batu, ini cara redakan memar membiru di kulit tangan pakai 1 bahan rempah

16 / 05 / 2024 22:10 WIB

Brilio.net - Munculnya memar pada tangan merupakan hal umum yang bisa terjadi pada siapa saja. Namun munculnya kondisi ini pada bagian tubuh yang terbuka, membuat sejumlah orang merasa tidak nyaman. Pasalnya memar menimbulkan warna abu-abu atau sedikit kebiruan sehingga membuat tampilan kulit menjadi tidak menarik.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya memar di tangan. Umumnya, trauma fisik atau cedera langsung pada tangan, seperti benturan, jatuh, atau kecelakaan ringan - terbentur meja atau pintu. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah kecil di bawah kulit pecah, sehingga darah merembes ke jaringan sekitar dan menyebabkan perubahan warna.

Selain disebabkan oleh cedera, kekurangan vitamin C dan K membuat seseorang lebih rentan terhadap memar. Vitamin C penting untuk produksi kolagen yang memperkuat pembuluh darah, sementara vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah.

Di sisi lain, kondisi medis seperti hemofilia atau penyakit von Willebrand dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah, yang membuat penderitanya lebih mudah memar. Kondisi ini sering kali ditandai dengan memar yang muncul tanpa sebab jelas atau pendarahan yang sulit berhenti.

Untuk meredakan memar membiru di tangan, kamu bisa mengatasinya dengan mengaplikasikan ramuan dari bahan alami. Seperti yang dilakukan seorang YouTuber @HerbalTV, dia memanfaatkan satu jenis rempah yaitu kencur dikombinasikan dengan beras.

Kencur adalah tanaman herbal yang memiliki berbagai sifat penyembuhan. Dilansir dari healthline.com, Kamis (16/5) kencur mengandung senyawa aktif seperti flavonoid dan polifenol yang memiliki sifat antiinflamasi - membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang sering terjadi pada area memar. Kencur juga memiliki efek analgesik atau penghilang rasa sakit alami, sehingga membantu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh memar.

Sementara tepung beras memiliki kemampuan untuk menyerap kelebihan cairan dan kelembapan. Ini membantu mengurangi pembengkakan pada area memar. Beras mengandung allantoin yang memiliki sifat menenangkan kulit dan membantu meredakan iritasi. Tak hanya itu, kandungan allantoin sangat berguna dalam meredakan nyeri yang terkait dengan memar. Beras kaya akan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan dan mempercepat proses regenerasi kulit.

Nah, itulah manfaat yang bisa kamu dapatkan agar memar membiru di tangan reda. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakannya? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net himpun dari kanal YouTube @HerbalTV, Kamis (16/5).

Bahan:

cara redakan memar membiru di kulit tangan
YouTube/@HerbalTV

- 1 ruas kencur
- 3 sendok makan beras
- 1 gelas air putih

Cara membuat:

cara redakan memar membiru di kulit tangan
YouTube/@HerbalTV

1. Bersihkan kencur dari kulitnya dan cuci
2. Potong kencur menjadi tiga bagian
3. Masukkan kencur dan beras ke dalam cobek
4. Tuangkan sedikit air
5. Haluskan semua bahan dengan cara ditumbuk
6. Ramuan siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

cara redakan memar membiru di kulit tangan
YouTube/@HerbalTV

1. Pastikan bagian kulit tangan yang memar bersih dan kering
2. Oleskan ramuan pada bagian memar
3. Diamkan hingga 20 menit
4. Bilas menggunakan air biasa
5. Ulangi penggunaan ramuan ini secara rutin agar memar membiru di kulit tangan reda dan hilang.