Bukan gunakan tawas, ini trik haluskan tumit kaki kering dan pecah pakai 2 bahan pemanis

5 Januari 2024 14:10 WIB

Brilio.net - Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang banyak terlibat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal ini membuat kaki menjadi sering terpapar banyak faktor eksternal, seperti sinar matahari, polusi, hingga debu. Kondisi tersebut kemudian berkontribusi pada munculnya kerusakan pada kulit kaki, salah satunya adalah tumit retak dan pecah-pecah.

Ya, kondisi tumit kaki yang retak dan pecah-pecah merupakan sebuah problematika yang sering dialami banyak orang. Munculnya masalah tumit retak dikarenakan kulit tumit berada dalam kondisi kering-kerontang, sehingga menyebabkan kerusakan struktur kulit. Hal ini jelas akan mengganggu kenyamanan dan keindahan kaki.

Munculnya masalah di atas dipengaruhi oleh minimnya kelenjar minyak di area tumit dibandingkan bagian kulit lainnya. Hal ini membuat tumit kurang memiliki pasokan kelembapan alami, sehingga berdampak pada lapisan pelindung kulit di area tersebut cenderung tipis dan rentan rusak. Kondisi tersebut juga memudahkan debu dan pasir menempel di sela-sela kerusakan tersebut, menjadikannya penuh retak yang cenderung menghitam.

Tahu nggak sih kalau tidak ditangani segera, kondisi retak pada tumit itu bisa berujung pada luka? Nah, sebelum masalah itu muncul, kamu bisa kok mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan campuran gula dan madu dengan minyak kelapa, sebagaimana diperagakan akun Instagram @anshika_soni2798, dilansir briliobeauty.net pada Kamis (4/1).

haluskan tumit pecah pakai
freepik.com

Gula memang lebih sering dijadikan sebagai bahan pemanis. Namun gula nyatanya juga punya banyak manfaat yang baik untuk kulit. Gula memiliki kandungan asam alpha-hydroxy (AHA) sebagai eksfoliator yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati secara lembut, sehingga dalam prosesnya akan membuat tumit kaki menjadi lebih halus. Selain itu, gula juga memiliki sifat pelembap alami yang dapat menjaga kelembapan kulit dan meminimalisir terjadinya kekeringan pada kaki.

haluskan tumit pecah pakai
freepik.com

Di sisi lain, madu merupakan ekstrak lebah telah lama dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Kedua hal ini sangat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kulit terlihat sehat. Madu juga mengandung senyawa asam alfa hidroksi (AHA) dan enzim yang bermanfaat dalam membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan  memberikan kelembutan pada kulit yang kasar, sehingga akan mengurangi kesan tumit retak dan pecah-pecah.

haluskan tumit pecah pakai
freepik.com

Terakhir, minyak kelapa adalah bahan alami yang kaya akan asam lemak dan vitamin E. Minyak kelapa membantu menghidrasi dan menutrisi kulit sehingga memberikan rasa lembut dan kenyal. Minyak kelapa juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan. Bahkan, minyak kelapa juga bisa memudahkan proses pembersihkan kotoran dari kulit, sehingga bagus untuk mengurangi kesan gelap pada tumit yang retak.

Nah, ketiga bahan di atas bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1-2 sendok makan gula pasir
2. 1 sendok makan madu murni
3. 1 sendok makan minyak kelapa
4. 1 wadah kecil dan besar
5. Air hangat secukupnya

Langkah pengerjaan:

haluskan tumit pecah pakai
Instagram/@anshika_soni2798

1. Rendam kaki di dalam baskom berisi air yang sedikit panas selama 20 menit
2. Setelahnya, campurkan 1 sendok makan gula dengan sedikit madu dan minyak kelapa dalam sebuah wadah kecil
3. Aduk seluruh bahan hingga semuanya tercampur rata
4. Aplikasikan racikan ini pada kulit kaki dalam kondisi sedikit basah secara menyeluruh
5. Gosokkan racikan ini sembari dipijat lembut selama lebih kurang 10 menit
6. Kamu juga bisa menggunakan bantuan batu halus atau loofah untuk menggosoknya tumit kaki selama beberapa saat
7. Bila dirasa cukup, bilas kaki hingga bersih dan jangan lupa mengoleskan pelembap badan setelahnya
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Anshika Soni (@anshika_soni2798)

(brl/ola)