Bukan pakai ampas kopi, ini trik kurangi komedo dan minyak berlebih di kulit pakai 1 bahan dapur

28 Januari 2024 23:00 WIB

Brilio.net - Kulit berminyak merupakan salah satu tipe kulit yang sering menjadi sumber banyak masalah kulit. Tipe kulit ini didasarkan pada kecenderungan kelenjar minyak di dalam kulit memproduksi sebum dalam jumlah besar. Kondisi kulit berminyak acap memberi kesan wajah yang kotor akibat efek greasy (mengkilap) yang ditimbulkannya.

Tak hanya itu, pori-pori kulit pada wajah berminyak juga cenderung menjadi lebih besar, sehingga memberi kesan kasar. Biasanya, hal ini akan memudahkan kotoran menempel pada kulit akibat efek lengket pada sebum yang dikeluarkan. Kotoran yang menempel ini kemudian akan masuk dalam pori-pori dan menyumbat rongganya. Lama-kelamaan, penumpukan kotoran ini bisa memunculkan masalah seperti komedo.

Komedo biasanya muncul dalam rupa bintik-bintik kasar di atas permukaan kulit. Sebagaimana telah dijelaskan, komedo ini timbul akibat gumpalan kotoran dari gabungan partikel polusi hingga sel kulit mati. Komedo sendiri memiliki 2 bentuk umum, yaitu yang berwarna putih dan hitam. Walau tidak membahayakan secara medis, komedo jelas membuat kulit tidak enak dipandang.



Apabila dibiarkan lebih lama, komedo sejatinya bisa pula menjadi cikal-bakal peradangan jerawat lho. Agar itu tidak terjadi, kamu tentunya harus berupaya mengurangi komedo dan jumlah minyak di wajah untuk meminimalisir potensi tersebut. Salah satu caranya adalah menggunakan bahan alami sebagai solusi alternatif, seperti dengan menggunakan bagian putih pada telur sebagaimana diperagakan oleh @ninisvanitybox di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Minggu (28/1).

foto: freepik.com

Bagian putih pada telur sejatinya kaya dengan komponen protein albumin yang memiliki sifat pengencangan kulit. Protein ini membantu mengurangi ukuran pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih, yang dalam prosesnya akan merapatkan lubang pori-pori. Putih telur juga mengandung lisozim, enzim alami yang memiliki sifat antimikroba yang membantu membunuh bakteri pada pori-pori yang tersumbat dan menjaga kulit tetap bersih, sehingga terbebas dari potensi komedo dan peradangan.

Cara memanfaatkan bahan di atas ini dapat kamu lihat melalui petunjuk yang tertera di bawah berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 butir telur
2. Beberapa lembar tisu
3. Wadah kecil
4. Kuas (opsional)

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@ninisvanitybox

1. Pecahkan 1 butir telur dan pisahkan bagian putihnya saja untuk digunakan.
2. Aduklah putih telur tersebut selama beberapa saat hingga menjadi busa.
3. Aplikasikan putih telur tersebut ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
4. Lapisi kulit yang telah dioleskan cairan telur tadi menggunakan tisu bersih.
5. Ulangi langkah 3 dan 4 sebanyak 2-3 kali dengan mengoleskan kembali cairan telur di atas lembaran tisu sebelumnya.
6. Diamkan selama lebih kurang 25-30 menit.
7. Apabila sudah kering, lepaskan lembaran tisu secara perlahan dan bilas menggunakan air hingga bersih.
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Anjani Bhoj (@ninisvanitybox)

(brl/far)