Bukan pakai krim pencerah, ini cara hilangkan flek hitam membandel di wajah hanya pakai 1 jenis bunga

17 Agustus 2023 14:20 WIB

Brilio.net - Flek hitam atau hiperpigmentasi merupakan perubahan warna kulit yang ditandai oleh adanya bercak gelap di area wajah. Biasanya flek hitam ini muncul dikarenakan terjadinya penumpukan melanin pada permukaan kulit. Penyebabnya adalah paparan sinar matahari yang berlebih, proses penuaan alami, dan perubahan hormonal.

Untuk mencegah munculnya flek hitam di wajah, yang perlu kamu lakukan adalah rutin memakai tabir surya. Penggunaan rangkaian skincare yang satu ini sangat penting. Pasalnya, sunscreen dengan kandungan SPF tinggi dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan membantu mengurangi risiko munculnya flek hitam.

Selain itu, kamu juga bisa memakai produk skincare, seperti krim pencerah dengan kandungan vitamin C, asam kojic, asam glikolat, dan retinol. Semua kandungan tersebut bisa membantu mencerahkan dan mengurangi tampilan flek hitam.

Selain memakai krim pencerah, kamu juga bisa memudarkan flek hitam hanya menggunakan krim yang terbuat dari satu jenis bunga. Kali ini, bahan yang digunakan adalah kelopak bunga mawar. Bahan alami ini mengandung minyak esensial alami dan memiliki sifat pelembap.

Kedua kandungan dalam bunga mawar membantu menjaga kelembapan dan mencegah kulit kering. Kandungan antiinflamasi dalam kelopak bunga mawar dapat membantu meredakan peradangan pada kulit, mengurangi kemerahan, dan mengatasi iritasi.

Bahan tambahan lainnya yaitu aloe vera atau lidah buaya. Bahan alami ini memiliki kandungan berupa air yang bisa menjaga kelembapan. Lalu, vitamin C dan E di dalam bahan ini mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan mengurangi tampilan garis halus.

Bahan selanjutnya, minyak kelapa yang mengandung asam lemak yang membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kekeringan. Sifat antiinflamasi di dalam bahan ini membantu meredakan iritasi dan menjaga kebersihan kulit.

Lantas bagaimana cara membuat krim dari bahan-bahan utama tersebut? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

Bahan-bahan:

foto: YouTube/R3NWORLD

1. 1 cup kelopak bunga mawar
2. 1 gelas air bersih
3. Rosewater
4. 2 buah aloe vera
5. 2 kapsul vitamin E
6. 1 sendok makan coconut oil
7. 1 sendok makan tepung jagung

Cara membuat:

foto: YouTube/R3NWORLD

1. Cuci terlebih dahulu kelopak bunga mawar.
2. Tambahkan beberapa tetes rosewater.
3. Campurkan dengan lidah buaya yang sudah dibersihkan.
4. Haluskan kedua bahan tersebut menggunakan blender.
5. Tuangkan bahan yang sudah dihaluskan dan saring.
6. Masukkan coconut oil, vitamin E, dan tepung jagung.
7. Lalu, aduk semua bahan hingga tercampur rata.
8. Siapkan panci berisi air bersih.
9. Masukkan bahan-bahan di mangkuk tadi ke dalam panci tersebut.
10. Rebus hingga bahan tersebut memiliki tekstur seperti pasta.
11. Angkat dan dinginkan.
12. Simpan krim tersebut ke dalam botol skincare.

Cara mengaplikasikannya:

foto: YouTube/R3NWORLD

1. Bersihkan wajah dan leher terlebih dahulu.
2. Oleskan krim tersebut pada wajah dan leher.
3. Diamkan kurang lebih 20 menit.
4. Bilas dengan memakai face wash.

(brl/jad)