Bukan pakai kunyit, begini cara memutihkan area wajah dan leher dengan 1 jenis bahan minuman

12 Oktober 2023 12:10 WIB

Brilio.net - Tak sedikit orang yang hanya memperhatikan perawatan untuk wajah saja, sehingga sering kali warna kulit wajah dan leher jadi tampak berbeda. Kondisi ini disebut dengan kulit belang. Oleh karena itu, merawat bagian leher sama pentingnya dengan merawat wajah. Wajah yang cerah justru akan terlihat kurang menarik apabila leher tampak lebih gelap.

Leher yang menghitam dan gelap terjadi karena beberapa penyebab, seperti kebersihan kulit leher yang kurang baik sehingga ada penumpukan daki, faktor genetik, dampak paparan sinar matahari, iritasi gesekan leher, obesitas, efek samping obat, atau kulit kering.

Namun selain leher, wajah juga berpotensi tampak kusam dan gelap meskipun sudah dirawat dengan berbagai produk skincare. Hal ini dikarenakan sel kulit mati yang menempel, polusi, hingga kurangnya melakukan eksfoliasi wajah. Meskipun tidak membahayakan, namun kondisi kulit wajah dan leher kusam serta memiliki warna tidak merata cukup mengganggu kepercayaan diri.

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk memutihkan area wajah dan leher. Bukan pakai kunyit, karena pemilik akun TikTok @rabiabeautytips justru mengatasinya menggunakan 1 jenis bahan minuman. Bahan minuman yang dimaksud adalah kopi. Ia juga menambahkan susu cair untuk memaksimalkan manfaat kopi untuk kulit.

"Skin whitening Face pack (Paket Pemutih Kulit Wajah)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @rabiabeautytips, Kamis (12/10).

foto: freepik.com

Sebagai bahan minuman yang kerap kali digunakan untuk mencegah kantuk, kopi ternyata juga bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan kulit lho. Kopi mengandung beragam zat yang memiliki efek antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Berkat kandungan berbagai zat di dalamnya, kopi dapat bermanfaat untuk membersihkan, mencerahkan, dan memutihkan kulit wajah yang tampak kusam, serta menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Butirannya yang agak kasar juga bisa berperan sebagai eksfoliator yang ampuh mengangkat sel kulit mati penyebab wajah dan leher kusam. Begitupun dengan susu yang juga banyak digunakan orang untuk memutihkan kulit kusam dan gelap. Ini karena susu mengandung berbagai zat pemutih alami yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat.

Kandungan asam laktat pada susu juga diyakini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Inilah mengapa ada banyak produk pencerah atau pemutih kulit yang menggunakan susu sebagai bahan utamanya.

foto: TikTok/@rabiabeautytips

Dua bahan alami yang sudah disebutkan tersebut dapat kamu olah menjadi masker pemutih wajah dan leher. Dengan pemakaian yang rutin, kamu akan mendapatkan warna kulit wajah dan leher lebih merata, kulit halus, glowing, dan tampak putih alami. Ini cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 sendok makan bubuk kopi
2. 1-2 sendok makan susu cair

foto: TikTok/@rabiabeautytips

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah.
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata.
3. Aplikasikan pada wajah dan leher yang sudah bersih secara menyeluruh.
4. Diamkan selama 10-15 menit.
5. Bilas menggunakan air dingin sampai bersih.
6. Keringkan wajah kemudian aplikasikan moisturizer andalanmu.
7. Gunakan masker pemutih ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit yang putih merata.

(brl/jad)