Bukan pakai kunyit, ini trik cerahkan tengkuk leher yang menghitam pakai 1 jenis buah

15 Agustus 2023 22:10 WIB

Brilio.net - Hiperpigmentasi atau proses penggelapan pada kulit, ditandai dengan penumpukan melanin secara berlebihan. Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Ketika peningkatan produksi melanin terjadi secara tidak seimbang, maka akan terbentuk penumpukan di area tertentu pada kulit.

Beberapa orang memang cukup familiar dengan istilah hiperpigmentasi. Namun mereka lebih memahami bahwa kondisi ini terjadi pada area wajah. Padahal, hiperpigmentasi juga terjadi pada bagian tubuh lainnya, termasuk tengkuk leher.

Tengkuk leher kerap diabaikan karena memang tidak terlihat. Padahal, sama halnya dengan wajah, munculnya hiperpigmentasi pada tengkuk leher seringkali didominasi eksposur yang terjadi secara terus-menerus terhadap sinar matahari.

Selain itu, gesekan yang terjadi akibat kontak langsung dengan pakaian pun dapat memicu penumpukan sel-sel kulit mati di belakang leher lho. Tidak mengherankan jika kemudian area leher belakang ini berwarna gelap akibat penumpukan daki dan pigmentasi.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa banget mencoba beberapa solusi alami yang gampang dibuat lho. Salah satunya seperti menggunakan ekstrak buah lemon dan air mawar seperti yang dibagikan akun Instagram @velli_krish1888948, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (15/8).

cerahkan tengkuk leher yang menghitam
freepik.com

Ekstrak buah lemon diketahui kaya akan vitamin C dan antioksidan. Vitamin C adalah senyawa yang berperan penting dalam mencerahkan kulit dengan menghambat produksi melanin. Selain itu, kandungan ini juga mampu menghaluskan kulit leher dengan menstimulasi produksi kolagen di kulit leher. Plus, senyawa antioksidan dalam lemon juga efektif dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, serta merangsang proses regenerasi kulit.

cerahkan tengkuk leher yang menghitam
freepik.com

Air dari bunga mawar sendiri mengandung banyak komponen berupa vitamin A, C, E, serta asam lemak esensial. Khasiat antioksidan dari vitamin E dalam bunga mawar ini dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit. Selain itu, gabungan komponen vitamin di atas membuat air mawar dapat membantu meningkatkan proses regenerasi sel kulit, sehingga dalam prosesnya dapat melahirkan kulit yang lebih cerah.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 buah lemon
2. Air mawar secukupnya
3. Larutan gliserin (opsional, bila ada)
4. Wadah kecil
5. Botol spray kecil kosong
6. Kapas secukupnya

Langkah pengerjaan:

cerahkan tengkuk leher yang menghitam
Instagram/@velli_krish1888948

1. Potonglah 1 buah lemon dan peras semuanya dalam sebuah wadah kecil
2. Tambahkan sedikit air mawar setelahnya
3. Bila ada, tambahkan sedikit larutan gliserin bersamanya pula
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
5. Pindahkan seluruh larutan tadi ke dalam botol spray kecil
6. Kocoklah botol spray ini, lalu aplikasikan dengan cara menyemprotkannya langsung ke bagian leher
7. Setelah didiamkan sebentar, usapkan kapas tersebut ke leher sembari sedikit ditekan
8. Gunakan spray ini beberapa kali hingga leher dirasa cukup bersih
9. Larutan ini juga bisa digunakan untuk di bagian badan lain, seperti siku.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Velli Krish (@velli_krish1888948)

(brl/ola)