Bukan pakai serum antiaging, cara menunda kerutan dan wajah kendur ini cuma dengan 2 bahan alami

20 / 05 / 2024 18:45 WIB

Brilio.net - Seseorang yang sudah memasuki usia 40 tahun keatas akan mengalami berbagai tanda penuaan kulit. Di antaranya adalah keriput, kerutan, garis halus, hingga kulit yang tampak mengendur. Bukan tanpa alasan, kondisi ini terjadi karena kulit mulai kehilangan kekencangan dan elastisitasnya.

Kekencangan kulit yang menurun ini akan memunculkan kerutan di beberapa area wajah, dimana kulit secara alami akan membentuk lipatan setiap kali wajah berekspresi. Terutama saat tersenyum, memicingkan mata, dan mengernyitkan dahi.

Selain faktor penuaan, munculnya kerutan dan kulit kendur di wajah juga diperparah oleh berbagai faktor eksternal. Seperti paparan sinar matahari berlebih, polusi, sel kulit mati, perubahan cuaca, kulit yang dehidrasi atau kering, efek stres, serta gaya hidup tidak sehat seperti merokok. Kondisi ini juga bisa terjadi lebih cepat saat seseorang masih berusia remaja, atau yang disebut dengan penuaan dini.

Kulit yang kendur dan adanya kerutan akan membuat wajah tampak tua dan kurang fresh. Tak heran jika banyak orang mencari cara untuk menunda atau mencegah tanda penuaan ini muncul. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, dan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu produk skincare yang sering digunakan oleh kebanyakan orang untuk menunda munculnya kerutan dan wajah kendur adalah serum antiaging. Seperti yang diketahui bahwa saat ini sudah banyak produk serum antiaging yang dijual di pasaran. Harganya bervariasi dengan berbagai kandungan aktif di dalamnya.

Jika kamu tak mau merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli serum antiaging, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tak kalah efektif jika digunakan secara rutin. Seperti yang diunggah oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @uproot.teas, yang hanya memakai 2 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah aloe vera gel dan ampas teh.

foto: TikTok/@uproot.teas

 

Kandungan aloe vera gel untuk menjaga kekencangan kulit wajah.

Aloe vera gel adalah tanaman herbal yang dikenal dapat membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda. Menurut laman Style Craze, aloe vera gel memiliki kandungan sel fibroblast yang bisa meresap ke dalam kulit.

Sel fibroblast ini bertujuan untuk mengencangkan kulit yang sudah kendur. Zat tersebut bisa memperbaiki kulit, termasuk mengurangi tampilan kerutan dan berbagai tanda penuaan lainnya. Tak hanya itu saja, bahan alami ini juga efektif untuk menjaga kulit tetap lembap, kenyal, dan terhidrasi.

Manfaat ampas teh untuk menunda kerutan dan wajah kendur.

Ampas teh mengandung antioksidan kuat yang dikenal sebagai polifenol seperti epigallocatechin gallate (EGCG). Antioksidan ini efektif melawan kerusakan oksidatif yang disebabkan radikal bebas. Kandungan kafein dalam ampas teh juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, sehingga tampilan kulit menjadi lebih segar.

Ampas teh yang kerap dianggap sampah ini juga mengandung zat astringen yang dapat mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan. Selain itu, ampas ini dapat mengurangi peradangan kulit dan membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, serta radikal bebas lainnya.

Hanya mengandalkan dua bahan alami tersebut, kamu bisa membuat masker wajah yang dipercaya efektif untuk mengencangkan wajah dan menunda munculnya kerutan. Begini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @uproot.teas, Senin (20/5).

foto: TikTok/@uproot.teas

Bahan:

- 1 batang lidah buaya
- Ampas teh secukupnya

foto: TikTok/@uproot.teas

Cara membuat dan menggunakan:

1. Rendam lidah buaya dan bersihkan dari getahnya
2. Belah menjadi 2 bagian lalu ambil gel dalamnya
3. Masukkan kedalam blender kemudian tambahkan ampas teh
4. Blender kedua bahan tersebut sampai benar-benar halus dan tercampur merata
5. Tuangkan kedalam wadah bersih
6. Cuci wajah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dari kotoran serta sisa makeup
7. Keringkan wajah lalu aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
8. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas menggunakan air sampai bersih
9. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang kencang dan awet muda.