Bukan pakai skincare antiaging, ini cara pudarkan kerutan dan garis halus dengan 2 jenis bahan pemanis

25 Agustus 2023 09:00 WIB

Brilio.net - Melindungi kulit dari paparan sinar UV dan mendapatkan pelembap yang tepat adalah dua aspek penting dalam perawatan kulit antiaging dan antikerutan. Pasalnya, garis halus dan keriput atau kerutan akan muncul semakin banyak seiring bertambahnya usia, namun bukankah akan baik jika kamu bisa mencegahnya.

Karena tidak bisa dipungkiri, keriput dan garis halus di wajah akan mengganggu penampilan secara keseluruhan. Penampilan kamu akan lebih tua dari usia sebenarnya jika semakin banyak kerutan dan garis halus di wajah.

Selain bertambahnya usia, ada beberapa faktor lain yang dapat memicu munculnya keriput atau kerutan di wajah, seperti gaya hidup tidak sehat, paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, hingga posisi tidur yang menekan wajah sehingga menimbulkan garis-garis halus.

Namun, kamu tidak perlu merisaukan hal ini secara berlebih. Pasalnya, ada banyak cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Seperti unggahan dari akun TikTok @ask.beautyfactory pada 14 Desember 2021.

Dalam video berdurasi 3 menit tersebut pemilik akun memberikan cara pudarkan kerutan dan garis halus dengan 2 jenis bahan pemanis, yakni gula pasir dan madu. Selain itu, dia juga menambahkan bahan lain yaitu tepung jagung dan susu.

"Anti Aging Home Remedy! (Obat Rumahan Anti Penuaan!)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ask.beautyfactory, Kamis (24/8).

Pudarkan kerutan dan garis halus dengan 2 bahan pemanis
freepik.com

Selain bisa untuk memberikan rasa manis pada makanan dan minuman, siapa sangka bahwa gula pasir juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit dari luar. Siapa sangka ternyata gula juga memiliki kegunaan untuk mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada wajah.

Hal ini karena asam glikolat yang ada pada gula dapat digunakan sebagai eksfoliator kulit, sehingga memicu regenerasi sel-sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit.

Begitupun dengan madu yang juga merupakan salah satu bahan alami yang berfungsi sebagai antiaging. Kandungan vitamin dan mineral yang sangat kaya di dalam madu bisa membantu menenangkan kulit dan menghilangkan garis halus, kerutan, serta noda dan flek hitam pada kulit wajah.

Tak terkecuali dengan tepung jagung yang mengandung sejumlah protein yang dapat membantu untuk meningkatkan kolagen dan tanda penuaan. Sehingga tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus bisa memudar. Selain itu, kandungan vitamin A di dalamnya berfungsi untuk menyamarkan bintik hitam akibat hiperpigmentasi dan garis halus.

Susu juga tak kalah ampuh dari skincare pasaran yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Salah satunya adalah memudarkan kerutan dan garis halus. Menggunakan susu yang bersumber dari bahan organik dapat membantu kamu memiliki kulit yang lembut, halus, dan bebas kerutan.

Hal ini karena susu mengandung asam laktat, vitamin A, D, E dan K serta protein. Bahkan kandungan enzim, protein, mineral dan vitamin pada susu membantu mengurangi kerutan-kerutan pada kulit yang terbentuk akibat penuaan.

Pudarkan kerutan dan garis halus dengan 2 bahan pemanis
TikTok/@ask.beautyfactory

Nah, dengan keempat bahan tersebut, kamu dapat membuat serum antiaging yang mampu mengencangkan wajahmu. Bahkan serum ini juga mampu mengatasi berbagai tanda-tanda penuaan pada kulit. Begini cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 sendok teh tepung jagung
2. 1 sendok teh gula pasir
3. 1/2 sendok teh madu
4. 2 sendok teh susu murni

Pudarkan kerutan dan garis halus dengan 2 bahan pemanis
TikTok/@ask.beautyfactory

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada sebuah wadah
2. Aduk keempat bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Pijat-pijat dengan lembut selama 5 menit
5. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan pemakaian moisturizer andalan
7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang kencang dan awet muda.

(brl/ola)