Bukan pakai tepung beras, begini cara memutihkan wajah ala wanita Jepang dengan 1 jenis sumber protein

12 / 09 / 2023 07:00 WIB

Brilio.net - Kulit kusam biasanya muncul karena banyaknya melanin yang diproduksi kulit. Hal itu dapat terjadi karena paparan polusi udara, radikal bebas dan sinar UV berlebih. Produksi melanin yang berlebih membuat kulit terlihat lebih gelap dan kusam. Sehingga banyak orang mencari cara untuk memutihkan wajahnya bak wanita Jepang. Pasalnya wanita Jepang memang sudah terkenal dengan kecantikannya sejak dulu. Selain wajah yang cantik, wanita Jepang juga terkenal dengan kulitnya yang putih dan cerah.

Bagi para wanita Jepang, cantik tidak harus mahal, lho. Kebanyakan dari mereka selalu menjalani pola makan dan gaya hidup sehat yang diimbangi dengan berbagai perawatan kecantikan di rumah menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan. Bukan pakai tepung beras, karena ada lho bahan alami lain yang tak kalah ampuh untuk memutihkan wajah ala wanita Jepang.

Seperti unggahan dari akun TikTok @estinik_beautysecrets pada 4 Maret 2023. Video tersebut membagikan tentang cara memutihkan wajah ala wanita Jepang dengan 1 jenis sumber protein. Sumber protein yang dimaksud adalah kuning telur. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt, madu, dan lemon.

"Make this japanese Whitening face mask at home to get a glowing and smooth face (Jadikan masker pemutih wajah ala Jepang ini di rumah untuk mendapatkan wajah glowing dan mulus)," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @estinik_beautysecrets, Selasa (12/9).

foto: freepik.com

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, kuning telur juga sangat bermanfaat untuk kulit. Hal ini karena ia mengandung vitamin alami, nutrisi, protein, dan asam lemak. Manfaat kuning telur untuk wajah kali ini yakni dapat digunakan untuk memutihkan kulit. Penggunaan kuning telur secara teratur dapat memutihkan kulit sekaligus mengatasi masalah seperti kulit kendur dan kulit tampak kusam.

Sedangkan yoghurt merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah. Hal ini berkat kandungan asam laktat pada yogurt yang bekerja dengan menghambat produksi enzim tirosinase. Tirosinase adalah suatu jenis enzim yang bertanggung jawab memproduksi melanin, yakni pigmen yang membuat warna kulit lebih gelap.

Madu juga merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk membantu mengatasi kulit kusam. Madu tak hanya mampu mengatasi tanda-tanda penuaan dini, masker madu juga diketahui dapat mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin E di dalamnya dan bisa lebih efektif jika dikombinasikan dengan lemon.

Nah, lemon sendiri merupakan salah satu bahan alami dengan kandungan asam sitrat yang berfungsi sebagai komponen pemutihan alami. Sifat pemutih di dalamnya termasuk membantu mencerahkan dan membersihkan kulit. Bahkan, warna kulit yang tidak merata dapat diatasi dengan buah yang berwarna kuning ini.

foto: TikTok/@estinik_beautysecrets

Keempat bahan yang sudah disebutkan tersebut dapat kamu olah menjadi masker wajah. Masker wajah ini nantinya akan membantu memutihkan wajahmu, karena tak sedikit wanita Jepang yang menggunakan cara ini. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 butir kuning telur
2. 2 sendok makan yoghurt
3. 1 sendok makan madu
4. 1/2 sendok makan perasan lemon

foto: TikTok/@estinik_beautysecrets

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk keempat bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Aplikasikan masker pada wajah dan leher yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
5. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer andalanmu
6. Gunakan masker pemutih wajah ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah dan putih bak wanita Jepang.