Bukan pakai timun, ini trik bikin jerawat dan bekasnya cepat hilang dengan 1 jenis umbi-umbian

15 September 2023 14:10 WIB

Brilio.net - Jerawat merupakan salah satu jenis masalah kulit yang disebabkan oleh penyumbatan folikel rambut dan kelenjar sebasea di kulit oleh sebum (lemak kulit), debu, dan sel-sel kulit mati. Hal ini kemudian menutup rongga kulit dan menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri seperti propionibacterium acnes untuk berkembang biak. Dalam prosesnya, kondisi ini berujung pada terbentuknya pembengkakan jerawat.

Masalah jerawat tidak berhenti disitu saja. Jerawat biasanya dapat menyisakan noda gelap yang disebut PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Hal ini terjadi karena peradangan jerawat sebenarnya dapat mengganggu jaringan kulit. Sel-sel kulit baru yang muncul untuk memperbaiki kerusakan ini kemudian membawa melanin lebih banyak sehingga menimbulkan bekas kecokelatan pada kulit. Selain itu, kerusakan lapisan kolagen dalam kulit yang disebabkan oleh jerawat juga dapat meninggalkan bekas dalam prosesnya.

Bagi kamu yang menghadapi masalah membandel ini, nggak perlu cemas. Cukup memanfaatkan bahan-bahan alami saja, permasalahan jerawat dan bekasnya dapat diatasi. Kamu cukup menggunakan campuran kentang, lemon, tepung beras, dan air mawar sebagaimana diperagakan akun Instagram @beauty_tips_u, dilansir briliobeauty.net pada Jumat (15/9).


jerawat dan bekasnya cepat hilang
freepik.com

Kentang pada dasarnya kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, dan zat antioksidan. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat. Dalam prosesnya, akan membantu mencerahkan bekas jerawat tersebut. Selain itu, sifat antiinflamasi pada kentang juga bisa mengurangi peradangan yang sangat mungkin disebabkan oleh jerawat dan bekasnya.

jerawat dan bekasnya cepat hilang
freepik.com

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan asam sitrat, yang memiliki sifat astringen. Vitamin C membantu merangsang produksi kolagen, yang diperlukan untuk regenerasi kulit. Sementara itu, sifat astringen ekstrak lemon membantu mengencangkan pori-pori kulit, mengurangi minyak berlebih, dan mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat. Ekstrak lemon juga memiliki sifat pemutih alami yang membantu mengurangi bekas jerawat pada kulit.

jerawat dan bekasnya cepat hilang
freepik.com

Tepung beras mengandung sifat eksfoliasi alami yang membantu menghilangkan lapisan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori sehingga dapat mencerahkan kulit wajah dan mengurangi munculnya spot hitam. Tepung beras juga memiliki sifat menyerap minyak, sehingga cocok untuk mengontrol kelebihan minyak pada wajah yang menjadi faktor utama timbulnya jerawat.

jerawat dan bekasnya cepat hilang
freepik.com

Air mawar dikenal memiliki sifat astringen yang dapat membantu menyempitkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih. Selain itu, kandungan vitamin di dalamnya juga bisa menyamarkan noda dan bintik bekas jerawat bila digunakan teratur. Plus, air mawar juga memiliki efek menenangkan pada kulit yang meradang sehingga cocok digunakan untuk mencegah potensi munculnya jerawat dan bekasnya.

Cara menggunakan keempat bahan di atas bisa kamu lihat pada petunjuk yang tertera di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 1 buah kentang yang telah dibersihkan
2. 1 buah lemon segar
3. 4 sendok makan tepung beras
4. 4 sendok makan air mawar
5. Cetakan es
6. Wadah kecil.

Langkah pengerjaan:

jerawat dan bekasnya cepat hilang
Instagram/@beauty_tips_u

1. Haluskan 1 buah kentang dan peras untuk mendapatkan ekstrak airnya dalam wadah kecil
2. Peras 1 buah lemon
3. Aduk keduanya hingga tercampur rata, lalu tambahkan 4 sendok makan tepung beras
4. Tuangkan 4 sendok makan air mawar ke seluruh bahan tadi

jerawat dan bekasnya cepat hilang
Instagram/@beauty_tips_u

5. Aduklah seluruh bahan hingga tercampur rata sembari ditambah air sedikit demi sedikit untuk melarutkannya
6. Setelah konsistensi campuran ini cukup kental, tuangkan ke dalam cetakan es
7. Masukkan ke dalam freezer hingga membeku
8. Bila sudah, gunakan cukup 1 es per hari dengan membalurkannya ke seluruh muka dengan gerakan melingkar
9. Gosoklah cairan es tersebut selama beberapa saat dan biarkan mengering selama 5-10 menit
10. Jika dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari residunya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Miss beauty (@beauty_tips_u)

(brl/ola)