Bukan pakai tomat dan madu, begini cara bikin wajah putih merata dengan 1 jenis bahan makanan

5 Oktober 2023 23:11 WIB

Brilio.net - Wajah adalah salah satu anggota tubuh yang mempunyai peran yang sangat penting dalam menunjang penampilan kamu. Maka tak heran, baik wanita ataupun pria rela merogoh kocek terlalu dalam atau mengeluarkan biaya yang besar untuk dapat menjaga kesehatan kulit wajah.

Hal ini karena banyak orang menganggap bahwa kecantikan hanya berasal dari tampilan wajah yang putih dan bersih. Namun sayangnya cuaca yang ekstrem, apalagi tinggal di negara tropis, membuat wajah rentan terkena paparan sinar matahari dan radikal bebas. Faktor itu lah tak jarang membuat tampilan wajah kamu jadi lebih gelap.

Tak hanya itu, warna kulit kamu juga jadi tak merata atau belang serta menyebabkan kulit yang cenderung kusam. Hal tersebut membuat para wanita berkulit gelap merasa tak percaya diri dan melakukan banyak cara memutihkan wajah agar tampil sempurna. Sebenarnya untuk memutihkan kulit wajah banyak sekali caranya seperti menggunakan bahan alami, mengonsumsi obat pemutih, menggunakan krim pemutih, dan lain sebagainya.

Di antara cara-cara tersebut, menggunakan bahan alami tampaknya menjadi jalan yang paling aman karena tidak menimbulkan efek samping jangka panjang yang buruk bagi kesehatan. Bukan pakai tomat dan madu, ada bahan lain yang tak kalah khasiatnya.

Pemilik akun TikTok @beautybypriscila pada 18 Juni 2022, menggunakan 1 jenis bahan makanan, yakni beras. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu vitamin E oil.

"Rice Serum for clear and bright skin! (Serum Beras untuk kulit bersih dan cerah!)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @beautybypriscila, Kamis (5/10).

foto: freepik.com

Khasiat beras untuk kulit telah dikenal dan digunakan sejak zaman dulu, terutama di daerah Asia, seperti Tiongkok, Korea, India, dan Jepang. Kini, beras juga banyak dijadikan sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit wajah. Ini karena beras kaya akan vitamin B, vitamin E, zinc, dan antioksidan yang baik untuk kulit wajah.

Berkat kandungan yang ada di dalamnya, beras bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih putih, cerah, dan bersih. Asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam beras bekerja untuk memutihkan kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Vitamin E oil atau minyak vitamin E juga dikenal sebagai bahan yang umum digunakan untuk memutihkan kulit. Vitamin E memiliki sifat pelembap yang dinilai baik untuk kulit wajah. Kulit wajah akan tetap lembap dalam waktu yang lama dan mengurangi kulit yang kering.

Manfaat vitamin E untuk wajah juga akan membuat kulit akan terlihat lebih lembut dan halus. Vitamin E membantu menjaga kulit wajah tetap sehat dan terawat sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah dan bersinar. Hal ini karena sifat antioksidan tinggi dalam vitamin E yang melindungi dari kekusaman kulit.

foto: TikTok/@beautybypriscila

Kedua bahan yang sudah disebutkan tersebut dapat kamu buat menjadi serum wajah yang ampuh untuk memutihkan kulit. Bahkan jika digunakan secara rutin kamu juga akan mendapatkan wajah yang kenyal dan tampak glowing. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 sendok makan beras putih
2. 1 cup air
3. Beberapa tetes vitamin E oil

foto: TikTok/@beautybypriscila

Cara membuat:

1. Cuci beras sampai benar-benar bersih dari kotoran
2. Setelah bersih, tambahkan 1 cup air dan diamkan selama 30 menit
3. Pindahkan rendaman beras pada panci lalu masak selama 10 menit dengan api sedang
4. Matikan kompor lalu haluskan menggunakan blender atau chopper
5. Saring beras yang sudah dihaluskan dan ambil sarinya
6. Tambahkan vitamin E oil kemudian aduk sampai tercampur merata
7. Pindahkan pada jar penyimpanan dan simpan di lemari pendingin
8. Aplikasikan serum pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
9. Kamu bisa mengaplikasikan secara tipis sebagai serum malam dan bilas saat pagi harinya, atau menggunakannya secara tebal sebagai masker wajah dan bilas setelah 20 atau 30 menit
10. Gunakan setiap pagi dan malam hari untuk mendapatkan wajah yang putih merata dan berseri.

(brl/lea)