Bukan perawatan laser, ini trik pudarkan flek hitam agar wajah cerah merata pakai 1 jenis rempah

13 November 2023 16:10 WIB

Brilio.net - Flek hitam adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak kehitaman di beberapa area kulit. Masalah kulit ini umumnya terjadi pada bagian wajah, lengan, hingga punggung tangan. Sehingga kehadirannya bisa membuat penderitanya jadi kurang percaya diri.

Flek hitam biasanya juga disebut dengan hiperpigmentasi. Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi, hingga faktor penuaan. Paparan sinar matahari yang berlebihan akan membuat produksi melanin (pigmen alami kulit) lebih banyak dari batas normal.

Hal ini yang membuat munculnya bintik-bintik di beberapa area kulit. Regenerasi kulit yang melambat seiring bertambahnya usia juga menjadi faktor munculnya flek hitam. Adanya flek hitam ini juga akan membuat warna kulit tidak merata dan tampak kusam.

Karena itu, banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk memudarkan flek hitam. Mulai dari melakukan laser di klinik kecantikan, menggunakan skincare khusus flek hitam, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti halnya unggahan dari akun TikTok @earthenescapesskincare pada 20 Februari 2022, yang membagikan trik pudarkan flek hitam agar wajah cerah merata pakai 1 jenis rempah. Rempah yang dimaksud adalah bubuk kunyit. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt dan madu.

"Tumeric Yogurt Mask for dark spot (Masker Yogurt Kunyit untuk flek hitam)," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @earthenescapesskincare, Senin (13/11).

foto: freepik.com

Selain kerap digunakan sebagai pelezat dan memberi warna pada makanan, kunyit ternyata juga bisa menjadi bahan yang efektif untuk memudarkan flek hitam sekaligus mencerahkan wajah. Hal ini berkat kandungan kurkumin yang memiliki kemampuan dalam mengurangi produksi melanin yang berlebihan, sehingga dapat membantu mencerahkan kulit. Kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang secara aktif dapat melawan polusi dan kotoran yang menempel di kulit.

Yoghurt juga menjadi bahan alami yang tak kalah ampuh untuk mengatasi tampilan flek hitam di wajah lho. Ini karena kandungan asam laktat dan probiotik yang bertindak sebagai agen pemutih alami untuk membantu mengurangi hiperpigmentasi dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru.

Begitupun dengan madu, memiliki kandungan gula tinggi yang dapat menjadi eksfoliator kulit. Madu juga memiliki senyawa yang bersifat antioksidan sehingga dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit, salah satunya adalah flek hitam.

foto: TikTok/@earthenescapesskincare

Usai mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang sudah disebutkan, kini saatnya kamu menyimak cara membuat masker wajah yang bisa hilangkan flek hitam dan bikin wajah cerah merata. Begini cara membuat dan mengaplikasikannya.

Bahan:

1. 1 sendok teh yoghurt plain
2. 1/2 sendok teh bubuk kunyit
3. 1/2 sendok teh madu murni

foto: TikTok/@earthenescapesskincare

Cara membuat dan mengaplikasikan:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah yang bersih.
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan teksturnya kental seperti pasta.
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih dari kotoran.
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh.
5. Diamkan sampai kering atau sekitar 20 menit.
6. Lap menggunakan handuk yang sudah dicelupkan air hangat.
7. Lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air bersih.
8. Oleskan pelembap setelahnya.
9. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah bebas flek dan cerah merata.

(brl/jad)