Bukan suntik kolagen, begini trik mengencangkan kulit tubuh kendur pakai scrub dari 1 bahan minuman

14 Juli 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Kulit kendur sebenarnya adalah proses normal yang terjadi karena bertambahnya usia. Semakin tua usia, lemak di wajah akan semakin berkurang dan menipis, sehingga jaringan lemak yang tersebar di berbagai area wajah, seperti pipi, pelipis, dahi, bibir, termasuk di leher menjadi kendur.

Proses nun jug dapat disebabkan karena produksi elastin dan kolagen dalam tubuh berkurang, sehingga mengakibatkan timbulnya kulit kendur dan tampak berkerut. Penuaan dan diet ketat dari obesitas bisa menjadi penyebab utama kulit kendur. Hal ini terjadi karena kulit yang awalnya meregang untuk menampung lemak, tidak bisa kembali kencang setelah lemak hilang karena diet yang dilakukan.

Selain penuaan, kulit kendur juga diakibatkan karena paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, perubahan hormon, bahkan juga dari garis keturunan (genetik). Jika kamu mengalami salah satu ciri diatas, bisa jadi itulah yang menjadi penyebab kulit kamu menjadi kendur.

Pada sejumlah orang, kulit kendur bisa membuat kehilangan rasa percaya diri karena merasa terlihat keriput dan tidak menarik. Oleh karenanya, banyak orang yang mencari cara untuk mengencangkan kulitnya. Ada yang rela melakukan prosedur medis dengan suntik kolagen hingga perawatan lainnya.

Namun, perawatan tersebut pastinya akan menghabiskan biaya yang tak sedikit. Sebagai solusinya, kamu bisa kok mengencangkan kulit tubuh dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan akun TikTok @madinashrienzada pada 9 April 2023.

Video unggahan itu berisi tentang trik mengencangkan kulit tubuh kendur pakai scrub dari 1 bahan minuman. Bahan minuman yang digunakan adalah bubuk kopi. Selain bubuk kopi, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu air mawar dan yoghurt.

"Secret to a youthful glow (Rahasia untuk glowing awet muda)," katanya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @madinashrienzada, Kamis (13/7).

Trik mengencangkan kulit tubuh kendur pakai scrub dari 1 bahan minuman
freepik.com

Kopi biasa dijadikan minuman untuk menahan kantuk karena memiliki zat kafein. Namun, kopi juga bisa menjadi bahan alami yang baik untuk tubuh dan kulit wajah, lho. Hal ini karena, kopi memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Kopi memiliki antioksidan yang dapat bekerja sebagai anti aging. Antioksidan yang dimiliki kopi adalah polifenol. Polifenol dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Selain itu, kandungan polifenol juga dapat memperbaiki DNA yang rusak akibat sinar UV yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Masker atau scrub kopi dapat mengurangi tanda-tanda penuaan lainnya seperti flek hitam dan kerutan. Dalam publikasi “American Heart Association”, kopi dapat memperlancar aliran darah. Dengan meningkatkan aliran darah, kulit juga mengalami peningkatan untuk membuat kolagen dalam tubuh. Menggunakan masker kopi dapat membantu produksi kolagen sehingga kulit tetap kencang dan sehat.

Sedangkan air mawar juga bahan alami yang dikenal mampu mengencangkan kulit kendur karena efeknya yang menghidrasi. Air mawar kaya akan tanin, yang memiliki efek untuk mengencangkan kulit, sehingga bisa membantu membuat kulit tampak terlihat awet muda.

Tak terkecuali dengan yoghurt, bahan olahan susu ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat scrub. Asam laktat dalam yogurt, bersama dengan nutrisinya yang melimpah, dapat membantu pengelupasan dan melembapkan kulit hingga mengencangkan kulit yang kendur. Sifatnya yang melembapkan juga mampu menghidrasi kulit sehingga proses penuaan kulit dapat tertunda.

Trik mengencangkan kulit tubuh kendur pakai scrub dari 1 bahan minuman
TikTok/@madinashrienzada

Ketiga bahan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat scrub tubuh guna membantu menutrisi, membersihkan, sekaligus mengencangkan kulitmu. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan kulit yang cerah, mulus, dan kencang. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1-2 sendok teh bubuk kopi
2. Air mawar secukupnya
3. 1-2 sendok sendok makan yoghurt

Trik mengencangkan kulit tubuh kendur pakai scrub dari 1 bahan minuman
TikTok/@madinashrienzada

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Aplikasikan pada seluruh tubuh atau bagian kulit tubuh yang mengendur
4. Gosok-gosok dengan lembut seperti saat menggunakan scrub pada umumnya
5. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan body lotion andalanmu
7. Gunakan scrub ini secara rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang lebih kencang.

(brl/ola)