Campuran 2 jenis buah ini bisa pudarkan flek hitam di wajah, ini cara meracik dan memakainya

7 Agustus 2024 12:10 WIB

Brilio.net - Flek hitam di wajah, atau hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang ditandai dengan bercak-bercak gelap. Kondisi ini disebabkan oleh produksi melanin berlebih di area tertentu. Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari yang berlebihan, serta peradangan pada kulit seperti jerawat dan perubahan hormon.

Permasalahan kulit yang satu ini memang dapat membuat warna kulit jadi tidak merata. Tak heran jika banyak orang mencari cara untuk memudarkan flek hitam di wajahnya. Seperti menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, asam hialuronat, atau retinoid yang membantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin.

Selain itu, perlindungan terhadap paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen secara rutin juga sangat penting untuk mencegah hiperpigmentasi semakin parah. Nah, kamu juga bisa memaksimalkan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Campuran 2 jenis buah bisa pudarkan flek hitam di wajah
TikTok/@alamkita84

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @alamkita84, yang menggunakan 2 jenis buah untuk memudarkan flek hitam di wajah. Buah yang dimaksud adalah mentimun dan jeruk nipis. Usai mengetahui bahan-bahan yang akan digunakan, yuk, simak cara meracik dan memakainya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @alamkita84, Selasa (6/8).

Bahan:

- 1 buah mentimun
- 1 buah jeruk nipis

Campuran 2 jenis buah bisa pudarkan flek hitam di wajah
TikTok/@alamkita84

Cara meracik dan memakainya:

1. Cuci mentimun sampai bersih
2. Parut mentimun hingga benar-benar halus
3. Saring dan ambil airnya saja
4. Tambahkan perasan jeruk nipis
5. Aduk keduanya sampai tercampur merata
6. Celupkan kapas, lalu aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
7. Diamkan selama 10-15 menit
8. Bilas menggunakan air hangat
9. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Campuran 2 jenis buah bisa pudarkan flek hitam di wajah
TikTok/@alamkita84

Kandungan mentimun untuk memudarkan flek hitam di wajah.

Mentimun dapat memudarkan flek hitam di wajah berkat kandungan alami dan sifat-sifatnya yang menyejukkan dan menyegarkan kulit. Mentimun mengandung antioksidan seperti vitamin C dan asam caffeic, yang dapat mengurangi peradangan dan mencerahkan kulit. Vitamin C, khususnya, berfungsi sebagai agen pemutih alami yang dapat menghambat produksi melanin dan memudarkan tampilan flek hitam.

Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi flek hitam.

Jeruk nipis bisa memudarkan flek hitam di wajah berkat kandungan asam sitrat dan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Asam sitrat berfungsi sebagai eksfoliator alami, membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit, yang dapat mempercepat proses memudarnya flek hitam.

Sementara itu, vitamin C memiliki sifat pencerah kulit yang kuat dengan menghambat produksi melanin, pigmen yang menyebabkan perubahan warna pada kulit. Selain itu, vitamin C juga membantu memperbaiki kerusakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen, yang dapat memperbaiki tekstur dan warna kulit secara keseluruhan.

(brl/ola)