Campuran aloe vera gel dan 2 bahan dapur ini bisa pudarkan flek hitam di wajah, begini cara pakainya

2 Oktober 2024 17:30 WIB

Brilio.net - Flek hitam sering disebut dengan hiperpigmentasi. Kondisi kulit di mana area tertentu pada wajah mengalami peningkatan produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Flek hitam dapat muncul di berbagai area wajah, terutama di bagian yang sering terpapar sinar matahari seperti pipi, dahi, dan hidung.

Penyebab utama dari flek hitam adalah paparan sinar UV yang merangsang produksi melanin berlebih, dan akhirnya menumpuk di area tertentu hingga menyebabkan munculnya noda gelap pada kulit.

Selain sinar matahari, flek hitam juga bisa disebabkan oleh bekas jerawat, luka, atau kondisi hormonal seperti melasma, yang sering dialami oleh wanita selama kehamilan atau saat mengonsumsi pil kontrasepsi.

Penuaan juga berperan dalam munculnya flek hitam karena seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk meregenerasi sel-sel baru semakin menurun, sehingga noda hitam menjadi lebih terlihat dan sulit dihilangkan.

foto: TikTok/@life_ledger

Namun tak perlu khawatir, karena flek hitam bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @life_ledger, yang memakai campuran aloe vera gel dan 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah bubuk kunyit dan madu. Yuk, simak cara meracik dan memakainya berikut ini, yang telah briliobeauty.net lansir pada Rabu (2/10).

Bahan:

- 1 sendok teh bubuk kunyit
- 1 sendok makan madu
- 1 sendok makan aloe vera gel

foto: TikTok/@life_ledger

Cara meracik dan memakai:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah bersih
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 15-20 menit
5. Bilas menggunakan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin sampai bersih
6. Lakukan trik ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah mulus bebas flek hitam.

foto: TikTok/@life_ledger

Kandungan bubuk kunyit untuk memudarkan tampilan flek hitam di wajah.

Bubuk kunyit dapat memudarkan tampilan flek hitam di wajah karena mengandung senyawa aktif bernama kurkumin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kurkumin bekerja dengan menghambat produksi melanin yang berlebihan, yang merupakan penyebab utama munculnya flek hitam.

Manfaat madu guna mengatasi flek hitam.

Madu dapat mengatasi flek hitam di wajah karena memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan humektan alami. Kandungan antioksidan pada madu membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat memperburuk hiperpigmentasi. Selain itu, madu juga berperan dalam mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga dapat memudarkan tampilan flek hitam dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Aloe vera gel efektif menghilangkan flek hitam di wajah.

Aloe vera gel efektif menghilangkan flek hitam di wajah karena mengandung aloin, sebuah senyawa aktif yang dikenal mampu mencerahkan kulit dan menghambat produksi melanin berlebih, penyebab utama hiperpigmentasi. Selain itu, aloe vera memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga membantu mengurangi tampilan flek hitam secara alami.

(brl/lut)