Campuran bubuk cendana dan 3 jenis buah ini bisa atasi minyak berlebih di wajah, ini cara mengolahnya

5 September 2024 13:11 WIB

Brilio.net - Wajah berminyak adalah salah satu masalah kulit yang umum dialami banyak orang, baik pria maupun wanita. Masalah ini terjadi ketika kelenjar minyak di kulit memproduksi minyak berlebih, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan tampilan wajah yang mengkilap.

Produksi minyak berlebih pada kulit wajah umumnya disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang aktif. Faktor-faktor seperti genetika, hormon, dan penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai dapat memicu aktivitas berlebih ini. Selain itu, perubahan hormon selama pubertas, menstruasi, atau kehamilan juga dapat meningkatkan produksi minyak.

Meskipun minyak di kulit sebenarnya memiliki fungsi melindungi dan menjaga kelembapan, produksi minyak yang berlebihan dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan mempengaruhi penampilan. Karena alasan itu lah, banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi minyak berlebih di wajah. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai masker wajah.

foto: TikTok/@riyariyasia05

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @riyariyasia05, yang memakai campuran bubuk cendana dan 3 jenis buah untuk mengatasi minyak berlebih di wajah. Buah yang dimaksud adalah tomat, kulit jeruk, dan perasan lemon. Yuk intip cara mengolah dan memakainya, yang briliobeauty.net lansir pada Kamis (5/9).

Bahan:

- 1/2 buah tomat (ambil bagian dalamnya)
- 1 sendok makan kulit jeruk (haluskan)
- Perasan lemon secukupnya
- 1 sendok teh bubuk kayu cendana

foto: TikTok/@riyariyasia05

Cara mengolah dan memakai:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk keempat bahan tersebut hingga tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan sampai kering atau sekitar 15-20 menit
5. Bilas menggunakan air hangat sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang bebas kilap.

foto: TikTok/@riyariyasia05

Kandungan tomat untuk mengatasi wajah berminyak.

Tomat mengandung asam asetat dan asam sitrat yang berfungsi sebagai astringent, yaitu zat yang membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak. Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin C dan antioksidan, seperti lycopene, yang membantu mengontrol produksi minyak dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Manfaat kulit jeruk untuk mengatasi minyak di wajah.

Kulit jeruk dapat mengurangi minyak berlebih di wajah karena kandungan alami yang dimilikinya, termasuk asam sitrat dan vitamin C. Asam sitrat berfungsi sebagai astringent, yang membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak dengan cara mengontrol aktivitas kelenjar sebaceous.

Kulit jeruk juga mengandung serat dan minyak esensial yang membantu membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati, yang sering kali menyumbat pori-pori dan memicu produksi minyak berlebih.

Perasan lemon efektif bikin wajah bebas kilau.

Lemon dapat mengurangi minyak berlebih di wajah berkat kandungan asam sitratnya yang memiliki sifat astringent. Asam sitrat bekerja dengan mengecilkan pori-pori dan mengontrol produksi sebum, yaitu minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Penggunaannya secara rutin untuk masker wajah dapat membantu mengurangi kilau di wajah.

Bubuk kayu cendana ampuh mengurangi minyak di wajah.

Bubuk cendana dapat mengurangi minyak berlebih di wajah karena kemampuannya dalam menyerap minyak dan mengontrol produksi sebum. Cendana juga memiliki sifat astringent guna mengecilkan pori-pori dan mengurangi jumlah minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous.

(brl/lea)