Campuran garam dan 1 bahan dapur ini bisa bikin kuku kuning jadi putih berkilau, ini cara meraciknya

5 Agustus 2024 16:10 WIB

Brilio.net - Kuku kuning sering kali menjadi tanda adanya masalah kesehatan atau kebiasaan tertentu. Padahal, kenyataannya nggak melulu jadi pertanda adanya penyakit. Warna kuning pada kuku bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi jamur, penggunaan cat kuku yang berlebihan, atau paparan bahan kimia.

Infeksi jamur, seperti onikomikosis dapat menyebabkan kuku menjadi kuning, menebal, dan rapuh. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan perubahan warna pada kuku menjadi kuning, karena tar dan nikotin yang terkandung dalam rokok.

Dalam beberapa kasus, kuku kuning dapat menjadi indikasi masalah kesehatan yang lebih serius, seperti adanya gangguan hati atau diabetes. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan perubahan warna kuku dan berkonsultasi dengan profesional medis jika diperlukan untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.

Nah, jika kamu mengalami perubahan warna kuku jadi lebih kuning yang disebabkan oleh jamur atau kebiasaan lainnya, kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Pasalnya, jika kuku kuning dirawat dengan baik dan rutin, kamu akan mendapatkan kuku yang lebih sehat dan putih berkilau.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @growyournailsfast. Dalam unggahannya, ia membagikan trik atasi kuku kuning pakai campuran garam dan 1 bahan dapur, yakni lemon.

Usai mengetahui bahan-bahan yang akan digunakan, yuk, simak cara meracik dan menggunakannya berikut ini, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @growyournailsfast, Senin (5/8).

foto: TikTok/@growyournailsfast

Bahan:

- 1/2 buah perasan lemon
- Sejumput garam

Cara meracik dan menggunakan:

foto: TikTok/@growyournailsfast

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada area kuku yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Gosok-gosok dengan lembut dan diamkan selama 20 menit
5. Setelah 20 menit, lap kuku menggunakan kapas atau tisu
6. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari atau 2 hari sekali untuk mendapatkan kuku yang putih berkilau.

Kandungan lemon untuk mengatasi kuku kuning

foto: TikTok/@growyournailsfast

Lemon dapat membantu mengatasi kuku kuning berkat sifat alami yang dimilikinya. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon memiliki kemampuan pemutih yang efektif, sehingga dapat mengurangi noda dan kekuningan pada kuku. Selain itu, lemon juga memiliki sifat antiseptik dan antijamur yang dapat membantu mengatasi infeksi ringan atau masalah jamur yang mungkin menjadi penyebab kuku kuning.

Manfaat garam untuk memutihkan kuku kuning

Garam memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu membersihkan area di sekitar kuku dari kuman atau bakteri yang mungkin menyebabkan perubahan warna. Selain itu, garam juga memiliki kemampuan untuk mengangkat kotoran dan noda dari permukaan kuku melalui proses eksfoliasi ringan.

(brl/mal)