Campuran garam dan produk pembersih ini atasi kapalan di kaki dalam 5 menit, ini cara mudah bikinnya

1 Agustus 2024 18:11 WIB

Brilio.net - Kapalan, atau callus dalam istilah medis, merupakan penebalan kulit yang terjadi akibat tekanan atau gesekan berulang pada area tertentu. Biasanya, kapalan muncul pada telapak kaki, jari kaki, atau bagian sisi kaki yang sering terkena tekanan dari sepatu. Kondisi ini merupakan mekanisme perlindungan tubuh untuk mengurangi dampak dari gesekan dan tekanan.

Kapalan di kaki biasanya disebabkan oleh faktor-faktor seperti pemilihan sepatu yang tidak sesuai, berdiri atau berjalan dalam waktu lama, atau aktivitas fisik yang intens. Sepatu yang terlalu ketat atau memiliki sol yang tidak empuk dapat menyebabkan tekanan berlebih pada area tertentu di kaki, sehingga merangsang kulit untuk membentuk lapisan tambahan sebagai bentuk perlindungan.

Karena cukup mengganggu penampilan dan kenyamanan, tak sedikit orang yang mencari cara untuk mengatasi kapalan di kakinya. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan yang ditemukan di rumah.

foto: TikTok/@berkahtoserba19

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @berkahtoserba19, yang menggunakan campuran garam dan produk pembersih. Produk pembersih yang dimaksud adalah pasta gigi.

Begini cara membuat dan memakainya, yang hanya butuh 5 menit agar kapalan bisa teratasi, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @berkahtoserba19, Kamis (1/8).

Bahan:

- 1 sendok makan garam
- 1 sendok makan pasta gigi

foto: TikTok/@berkahtoserba19

Cara membuat dan memakai:

1. Tuangkan bahan-bahan tersebut pada wadah bersih
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada area tumit atau bagian kaki lain yang mengalami kapalan
4. Ratakan dan gosok-gosok dengan lembut selama 5 menit
5. Bilas kaki menggunakan air sampai bersih
6. Ulangi cara ini dengan rutin 3 kali seminggu untuk mendapatkan kaki yang halus dan bebas kapalan.

foto: TikTok/@berkahtoserba19

Manfaat garam untuk mengatasi kapalan di kaki.

Garam dapat digunakan untuk mengatasi kapalan di kaki karena memiliki kemampuan untuk melunakkan kulit keras dan kasar yang sering kali menyertai kapalan. Selain itu, garam memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang mungkin terjadi akibat kapalan.

Pasta gigi efektif mengurangi tampilan kapalan di kaki.

Pasta gigi mengandung bahan-bahan seperti baking soda, hidrogen peroksida, dan mentol, yang memiliki efek meredakan kapalan. Baking soda dalam pasta gigi berfungsi sebagai agen abrasif ringan yang membantu mengikis dan melembutkan lapisan kulit yang menebal.

Hidrogen peroksida, yang juga dapat ditemukan dalam beberapa pasta gigi, memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang membantu membersihkan area kapalan dari kuman dan bakteri, mengurangi risiko infeksi. Selain itu, mentol yang terkandung dalam pasta gigi memberikan efek dingin dan menenangkan pada kulit, mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan yang mungkin disebabkan oleh kapalan.

(brl/lea)