Campuran kunyit dan bahan pemanis ini bisa pudarkan flek hitam di wajah, ini cara pengaplikasiannya

2 Agustus 2024 12:25 WIB

Brilio.net - Flek hitam di wajah, atau yang sering disebut juga sebagai hiperpigmentasi adalah kondisi di mana terdapat area gelap pada kulit yang berbeda dari warna kulit sekitarnya. Biasanya, flek ini muncul karena produksi melanin yang berlebihan di area tertentu, yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Paparan sinar matahari yang berlebihan, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok, dan perubahan hormon adalah beberapa penyebab umum munculnya flek hitam. Selain itu, peradangan atau luka pada kulit, seperti jerawat atau cedera, dapat meninggalkan bekas yang berwarna lebih gelap. Kondisi ini cukup mengganggu penampilan, sehingga banyak orang mencari cara untuk mengatasinya.

Guna mengatasi flek hitam, penting untuk menggunakan tabir surya secara rutin, serta memilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif seperti vitamin C, retinoid, atau asam kojic yang dapat membantu memudarkan noda-noda tersebut. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk memaksimalkan perawatan, agar flek hitam cepat memudar.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @tigmabarfiwala, yang memakai campuran kunyit dan bahan pemanis untuk memudarkan flek hitam di wajah. Bahan pemanis yang dimaksud adalah madu.

Campuran kunyit dan bahan pemanis bisa pudarkan flek hitam di wajah
TikTok/@tigmabarfiwala

Usai mengetahui bahan-bahan yang akan digunakan, yuk, simak cara membuat dan mengaplikasikannya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @tigmabarfiwala, Jumat (2/8).

Bahan:

- 1/2 sendok makan bubuk kunyit
- 1 sendok makan madu

Campuran kunyit dan bahan pemanis bisa pudarkan flek hitam di wajah
TikTok/@tigmabarfiwala

Cara membuat dan mengaplikasikan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan sampai kering atau sekitar 15-20 menit
5. Bilas menggunakan air hangat dan lanjutkan dengan penggunaan air dingin
6. Gunakan moisturizer setelahnya
7. Lakukan metode ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas flek hitam.

Campuran kunyit dan bahan pemanis bisa pudarkan flek hitam di wajah
TikTok/@tigmabarfiwala

Kandungan bubuk kunyit untuk memudarkan flek hitam.

Bubuk kunyit dapat memudarkan flek hitam di wajah berkat kandungan kurkumin yang dimilikinya. Kurkumin adalah senyawa aktif yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Ketika diterapkan pada kulit, kurkumin membantu mengurangi peradangan dan meredakan kemerahan yang sering terkait dengan flek hitam.

Selain itu, kurkumin dapat menghambat aktivitas tirosinase, enzim yang berperan dalam produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit. Dengan mengurangi produksi melanin di area yang terkena flek, bubuk kunyit dapat membantu memudarkan noda hitam dan meratakan warna kulit.

Manfaat madu untuk mengatasi flek hitam di wajah.

Madu dapat memudarkan flek hitam di wajah berkat berbagai manfaat yang dimilikinya. Madu adalah bahan alami yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu memperbaiki dan meremajakan kulit. Sifat anti-inflamasi dari madu dapat mengurangi kemerahan dan peradangan pada area kulit yang mengalami flek hitam.

Selain itu, madu memiliki kemampuan eksfoliasi ringan yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mendorong regenerasi kulit baru, sehingga secara bertahap memudarkan noda hitam. Kandungan humektan dalam madu juga membantu menjaga kelembapan kulit, yang penting untuk proses penyembuhan dan perbaikan kulit.

(brl/ola)