Cara atasi bibir kering cuma andalkan petroleum jelly dan gula, hasilnya tampak lembap dan glossy

27 / 06 / 2024 20:10 WIB

Brilio.net - Bibir kering dan pecah-pecah mungkin membuat kamu tidak nyaman. Terlebih lagi jika kulit pada bibir mulai mengelupas, kulit jadi terasa perih. Nah, biasanya kondisi bibir kering ini terjadi karena kulit kehilangan kelembapannya. Salah satu pemicunya adalah paparan sinar matahari.

Perlu kamu ketahui, lapisan pelindung kulit bibir terdiri dari 3 hingga 5 lapisan. Lapisan tersebut sangat tipis jika dibandingkan kulit wajah yang punya 16 lapisan. Maka dari itu, bibir memiliki resiko besar terkena sunburn.

Di sisi lain, bibir kering juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Mulai dari dehidrasi atau kekurangan cairan, kekurangan nutrisi, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan kondisi tubuh yang kurang sehat.

Walaupun memberikan tampilan yang membuat kamu kurang percaya diri, tak perlu khawatir. Bibir kering ini bisa kamu atasi dengan menggunakan scrub yang terbuat dari petroleum jelly dicampur dengan gula pasir.

Cara menggunakan kombinasi petroleum jelly dan gula pasir ini cukup mudah. Bagi kamu yang ingin menggunakan perawatan alami ini bisa mengikuti trik yang dibagikan pengguna TikTok @direydealova, Kamis (27/6) sebagai berikut:

Bahan:

foto: TikTok/direydealova

1. 1 sendok teh petroleum jelly
2. 1 sendok teh gula pasir.

Cara membuat dan menggunakan:

foto: TikTok/direydealova

1. Tuangkan petroleum jelly pada permukaan tangan yang sudah dibersihkan
2. Campurkan dengan gula pasir
3. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
4. Oleskan scrub pada bibir
5. Pijit-pijit secara perlahan
6. Diamkan beberapa menit dan usap pakai tisu
7. Dengan menggunakan cara di atas bibir jadi lembap dan tampak glossy
8. Ulangi perawatan scrub bibir ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Manfaat gula pasir untuk atasi bibir kering.

Gula pasir tidak hanya digunakan untuk bahan masakan atau minuman saja. Namun gula pasir ini punya manfaat untuk mengatasi masalah kecantikan, salah satunya adalah melembapkan bibir kering. Pasalnya gula pasir ini bisa dijadikan sebagai bahan eksfoliasi alami yang membantu mengikis sel-sel kulit mati pada bibir. Tak cuma sel-sel kulit, scrub gula yang diaplikasikan pada bibir juga mampu memperbaiki tekstur.

Sementara itu, melansir dari Michigan State University, Kamis (27/6) adanya sifat humektan alami bisa menjaga kelembapan bibir dengan baik. Mengoleskan gula pada bibir membuatnya lebih terhidrasi dan melembapkan dalam waktu lama.