Cara atasi lip balm patah ini efektif cuma pakai alat pemanas, hemat dan tak perlu beli produk baru

10 Juli 2024 12:10 WIB

Brilio.net - Lip balm menjadi salah satu produk perawatan bibir yang hampir semua orang memakainya. Ini berkat manfaatnya yang ampuh dalam menjaga kelembapan dan hidrasi bibir. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan utama lip balm seperti shea butter, petroleum jelly, minyak tumbuhan, hingga vitamin E.

Lip balm biasanya rutin digunakan sebelum memakai riasan bibir maupun sebelum tidur. Kebanyakan orang mengandalkan produk perawatan bibir ini untuk melembapkan, buat bibir segar, dan tak lagi kering. Namun sayangnya, karena bahan-bahannya yang bersifat pelembap, biasanya produk lip balm memiliki tekstur yang lembut, sehingga mudah patah.

Lip balm yang patah memang bikin siapapun yang mengalaminya jadi badmood. Tak heran jika mereka langsung memutuskan untuk membeli produk lip balm yang baru. Padahal, kamu tak perlu membuang lip balm yang patah, karena bisa diperbaiki agar kembali bisa digunakan hanya dengan alat-alat rumahan.

Cara ini dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @shira_sharel, yang memakai alat pemanas untuk memperbaiki lip balm yang patah. Alat pemanas yang dimaksud adalah microwave.

foto: TikTok/@shira_sharel

"Anak main lipbalm sampai rosak. Dont Worry, Shira share tips how to fix this!" tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @shira_sharel, Selasa (9/7).

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan lip balm yang patah lalu masukkan dalam microwave. Pastikan produk dalam posisi berdiri tanpa ditutup, ya. Setelah itu, panaskan dengan tingkat low-medium selama 1-3 menit hingga lip balm mencair.

foto: TikTok/@shira_sharel

Lebih lanjut, keluarkan produk lip balm dari microwave dan diamkan pada suhu ruang selama 15-30 menit. Jika sudah agak mengeras, tutup produk lip balm, lalu masukkan kedalam lemari pendingin selama 15 menit. Kini, kamu bisa mendapatkan lip balm favoritmu kembali normal dan bisa digunakan seperti biasa.

foto: TikTok/@shira_sharel

Penggunaan microwave untuk memperbaiki lip balm patah memang efektif. Pasalnya, cara ini tidak akan merusak kandungan dan produk lip balm. Nah, cara ini juga bisa kamu terapkan untuk memperbaiki lipstik yang patah, lho. Selamat mencoba!

(brl/psa)